HADUUUH!!! 1,3 Miliar Data SIM Card Bocor, Tanggung Jawab Siapa?

- Senin, 5 September 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi data bocor. (Tangkapan Layar Twitter/secgron)
Ilustrasi data bocor. (Tangkapan Layar Twitter/secgron)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta operator seluler untuk bertanggung jawab pada bocornya 1,3 miliar data SIM Card.

Terkait data pengguna SIM Card, operator seluler merupakan pihak yang mengendalikan data. Jadi jika data pelanggan bocor, operator wajib bertanggung jawab.

Hal itu ditegaskan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. Menurutnya, operator seluler adalah pihak yang menyimpan data penggunanya.

Baca Juga: Mediasi Buntu, Polresta Solo Limpahkan Berkas Perkara Dugaan Pemalsuan Dokumen Mac Mohan ke Jaksa

"Sesuai Undang-Undang ITE, setiap pengendali data wajib menjaga keamanan dan kerahasiaan. Jadi mereka harus mempunyai sistem yang comply dan tanggung jawab," tegas Semuel di Jakarta (5/9/2022).

Kemenkominfo sudah menggelar rapat koordinasi dengan seluruh operator seluler. Operator diminta melakukan investigasi mendalam terkait kebocoran data.

Baca Juga: Video Keganasan Ferdy Sambo Beredar di TikTok. Di Rumahnya Ada Ruang Rahasia untuk Penyiksaan

Operator Seluler harus bertanggung jawab dengan mencari penyebab kebocoran data, hingga mencari siapa pelaku pembocor data pelanggannya.

"Kami sampaikan, semua harus memastikan, mengecek jangan sampai ada kebocoran yang belum ditutup. Ini tanggung jawab pengendali dan mereka harus comply dengan aturan-aturan yang ada," ujar Semuel.

Baca Juga: Kasus Polisi Tembak Polisi Terjadi Lagi. Anggota Bhabinkamtibmas di Lampung Tewas Ditembak Rekannya Sendiri

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X