Pemerintah Pusat Ganti Istilah PPKM Darurat jadi PPKM Level 3 dan 4. Solo, Sukoharjo dan Klaten Masuk Level 4

- Rabu, 21 Juli 2021 | 13:57 WIB
Mendagri Tito Karnavian. (Humas Setkab) (Jati Prihatnomo)
Mendagri Tito Karnavian. (Humas Setkab) (Jati Prihatnomo)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri mengganti istilah PPKM Darurat Jawa-Bali menjadi PPKM level 3 dan 4.

Tiga wilayah di Solo Raya, yaitu Kabupaten Sukoharjo, Kota Surakarta dan Kabupaten Klaten masuk kriteria PPKM Level 4 berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 22 tahun 2021 per tanggal 20 Juli 2021. Untuk kabupaten yang lain masuk pada kriteria PPKM level 3.

Aturan yang ada di PPKM level 3 dan 4 tersebut nyaris tidak jauh berbeda dengan PPKM darurat sebelumnya. Di antaranya, kegiatan belajar mengajar mulai dari SD hingga perguruan tinggi dilakukan secara daring. Kegiatan non esensial 100 WFH, perkantoran dibatasi 25 persen.

Baca Juga: PKL Sukoharjo Minta Ada Kelonggaran Meski Tren Covid Tidak Turun

Berdasarkan dokumen yang diterima suaramerdeka-solo.com disebutkan, 12 poin dalam Instruksi Mendagri tersebut. Salah satu poin tersebut adalah pengetatan aktivitas dan edukasi dengan prinsip yang tertuang dalam poin ketujuh.

Dalam poin ketiga huruf (d) disebutkan, pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum (warung makan, rumah makan, kafe, PKL, lapak jajanan) baik yang berada pada lokasi tersendiri ataupun di pusat perbelanjaan, hanya menerima delivery order atau take away.

Sedang untuk kegiatan seni budaya olahraga dan sosial, ditutup (i) serta resepsi pernikahan ditiadakan selama PPKM (k).

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 25 Juli, Pemerintah Alokasikan Tambahan Anggaran Senilai Rp 55,21 Triliun

Sedang dalam poin ketujuh itu khususnya huruf (j) disebutkan, penguatan 3T (testing, tracing dan treatment) agar terus diterapkan. Untuk testing ditingkatkan sesuai dengan tingat positivity rate mingguan.

Target orang dites per hari setiap kabupaten sudah ditentukan. Khusus di Solo Raya, targetnya, Kota Surakarta 1,112, Sukoharjo 1,925, Wonogiri 2,050 Boyolali 2,116, Karanganyar 2,046, Klaten 2,515 dan Sragen 1,905.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

2.136 Siswa Jadi Sasaran Serbuan Vaksinasi Kodim Klaten

Jumat, 10 September 2021 | 20:12 WIB
X