Melongok Latar Belakang Rumah Rektor UNS, Pijahkan Koi dan Ada Kos-kosan Burung

- Kamis, 22 Juli 2021 | 08:47 WIB
ANAK IKAN KOI: Rektor UNS Surakarta Prof Dr Jamal Wiwoho mengecek anak-anak ikan koi yang dia pijahkan di rumahnya, kawasan Kadipiro, Solo.(SMSolo/Setyo Wiyono) (Setyo Wiyono)
ANAK IKAN KOI: Rektor UNS Surakarta Prof Dr Jamal Wiwoho mengecek anak-anak ikan koi yang dia pijahkan di rumahnya, kawasan Kadipiro, Solo.(SMSolo/Setyo Wiyono) (Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Menjabat sebagai Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tentu membuat Prof Dr Jamal Wiwoho menjadi orang yang padat kegiatan.

Lebih-lebih sederet jabatan lain kini disandangnya, termasuk Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Sudah pasti guru besar Ilmu Hukum tersebut super sibuk.

Namun siapa sangka pria kelahiran Magelang, 8 November 1961 tersebut ternyata masih sempat beternak dan berkebun.

Baca Juga: Tak Ada Perbedaan dalam Perpanjangan PPKM Darurat, Juliyatmono: Untuk Menata Masyarakat

Di latar atau pelataran belakang rumahnya, Jalan Manunggal I/ 43 Sukorejo, Kadipiro, Solo, Jamal memiliki kegiatan beternak dan berkebun.

Tak sekadar memelihara. Namun pria yang hobi berolahraga tenis lapangan itu juga melakukan budi daya.

‘’Ya, saya berhasil memijahkan ikan koi, setelah dua kali gagal. Alhamdulillah percobaan pemijahan koi yang ketiga menghasilkan mungkin ribuan anak ikan yang sudah berusia beberapa pekan,’’ tutur dia.

Mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenristek Dikti RI itu mengisahkan, ketertarikannya mengembangbiakkan koi setelah seorang saudaranya yang tinggal di Jakarta, singgah di rumahnya, sekitar setahun silam.

Baca Juga: Jagal Hewan Kurban Musiman, Arif Abdullah: Bekalnya Mental dan Niat agar Halal

Sang adik sepupu yang tahu yang paham tentang ikan hias kolam itu, tertarik terhadap enam ekor koi induk dalam kolam yang sudah dipelihara bertahan-tahun oleh sang rektor.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

2.136 Siswa Jadi Sasaran Serbuan Vaksinasi Kodim Klaten

Jumat, 10 September 2021 | 20:12 WIB
X