Jembatan Gantung di Probolinggo Putus Diduga karena Kelebihan Beban. DPU Analogikan Satu Siswa Beratnya 50 Kg

- Jumat, 9 September 2022 | 20:05 WIB
Kapolres Probolinggo langsung mendatangi lokasi jembatan gantung yang putus  (Sinarto)
Kapolres Probolinggo langsung mendatangi lokasi jembatan gantung yang putus (Sinarto)

PROBOLINGGO, suaramerdeka-solo.com - Puluhan siswa terjatuh ke sungai saat melintas di atas jembatan gantung yang ada di Probolinggo, Jatim, Jumat (9/9/2022).

Kabarnya, dari seratusan siswa yang melintas di atas jembatan penghubung Dusun Kapasan, Desa Pajarakan Kulon di Kecamatan Pajarakan dengan Dusun Klompangan, Desa Kregenan di Kecamatan Kraksaan itu ada yang menggoyang-goyangkan jembatan.

Pihak terkait menyebut, putusnya jembatan itu akibat kelebihan beban. Lalu berapa beban yang seharusnya untuk sebuah jembatan gantung?

Baca Juga: Jembatan Putus, Puluhan Siswa di Probolinggo Terjatuh ke Sungai. Begini Kronologinya

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra mengatakan penyebab putusnya jembatan gantung di Desa Kregenan tersebut diduga karena kelebihan beban.

"Banyak siswa SMPN 1 Pajarakan melakukan jalan santai melewati jembatan gantung itu yang menyebabkan overload, sehingga cantolan pemberat jembatan yang berada di ujung jembatan patah," katanya dilansir dari Antara.

Baca Juga: Laga PSS Sleman vs Persis Solo, Polda DIY 'Haramkan' Pasoepati ke Maguwoharjo

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 15 orang yang terdiri dari siswa dan guru sedang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan.

"Ketika berada di atas jembatan, siswa yang melewati jembatan tersebut berkumpul serta menggoyang-goyangkan jembatan dan beban jembatan juga berlebihan," tuturnya.

Menurutnya, beban yang ada saat kejadian memang di luar kemampuan karena sekitar 36 anak berada di atas jembatan pada waktu bersamaan dan apabila satu anak beratnya 50 kilogram maka sudah ada beban 1,8 ton.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X