Hacker Bjorka telah Teridentifikasi BIN dan Polri. Siapa Dia, Ini kata Mahfud MD

- Rabu, 14 September 2022 | 15:57 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD menyebutkan bahwa hacker Bjorka telah teridentifikasi BIN dan Polri. (YouTube KompasTV)
Menkopolhukam Mahfud MD menyebutkan bahwa hacker Bjorka telah teridentifikasi BIN dan Polri. (YouTube KompasTV)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Hacker Bjorka yang beberapa waktu terakhir membuat heboh dan geger publik di tanah air karena kasus doxing, keberadaannya mulai ternedus.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan pelaku peretasan yang mengaku sebagai "Bjorka" telah teridentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

"Sampai sekarang ini, memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh Badan Intelijen Negara dan Polri. Tetapi belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu. Kami sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud MD dalam konferensi pers di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu.

Baca Juga: BSSN, Mahfud MD dan Johnny G Plate Dipanggil Jokowi Bahas Kebocoran Data, Termasuk Klaim Bjorka

Mahfud menambahkan berdasarkan koordinasi yang dilakukan bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G. Plate, Kepala BIN Budi Gunawan, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dapat disimpulkan bahwa data-data yang diretas dan dibocorkan Bjorka ke dunia maya ialah bersifat umum.

Terkait dengan motifnya, Mahfud menyebut motif peretasan itu pun tidak membahayakan, kata Mahfud.

Baca Juga: Kisah Pilu Seorang Ayah dengan Keterbelakangan Mental di Film Miracle in Cell No 7 Remake Indonesia

Selain itu, lanjutnya, dapat disimpulkan pula bahwa Bjorka tidak memiliki keahlian ataupun kemampuan membobol yang sungguh-sungguh.

"Hasil dari kesimpulan kami, apa yang dilakukan Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh. Dia hanya hendak memberitahu kepada kita kalau kita harus hati-hati, (data) kita akan bisa dibobol, dan sebagainya," imbuhnya.

Baca Juga: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Dikukuhkan jadi Warga Kehormatan Kostrad

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X