Panglima TNI Tinjau RS Darurat Covid Asrama Haji Dohohudan, Progres Sudah 12 Persen

- Minggu, 25 Juli 2021 | 16:15 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendapat penjelasan terkait RSDC Asrama Haji Donohudan (AHD) (SMSolo/Joko Mudrowo)
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mendapat penjelasan terkait RSDC Asrama Haji Donohudan (AHD) (SMSolo/Joko Mudrowo)

BOYOLALI, suaramerdeka-solo.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan peninjauan ke Asrama Haji Donohudan (AHD), Minggu (25/7). Hal itu terkait dengan didirikannya Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) di AHD.

Begitu datang di AHD, Panglima TNI langsung mendapatkan penjelasan terkait progres RSDC tersebut. Panglima juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para pasien OTG yang sedang menjalani isolasi disana. Panglima juga turut melihat kegiatan vaksinasi Covid-19.

Hingga kini, progres persiapan RSDC AHD Ngemplak mencapai 12 persen. Beberapa perbaikan masih terus dikebut. Ditargetkan, awal Agustus RSDC AHD bisa dioperasionalkan.

Baca Juga: Dua Provokator Demo Tolak PPKM Terancam Dua Tahun Penjara

"Nanti bisa digunakan bagi warga Solo Raya dengan kapasitas 344 tempat tidur," ujar Dandim 0724 Boyolali Letkol Arm Ronald Siwebessy usai menerima kedatangan Panglima TNI.

Dijelaskan, saat ini ruangan HCU sedang disiapkan untuk antisipasi rujukan pasien OTG AHD. Beberapa perbaikan yang dilakukan seperti lantai, plafon serta saluran pembuangan limbah manusia dan medis.

"RSDC AHD dipusatkan di Gedung Madinah. Saat ini masih perbaikan arsitektural dan pembuangan limbah."

Baca Juga: Indonesia Terima Dukungan 300 Konsentrator dan 100 MT Oksigen Medis dari India

Ditambahkan, RSDC AHD dilengkapi dengan HCU dan Intensive care unit (ICU). RSDC AHD sendiri diperuntukan bagi masyarakat Solo Raya. Sedangkan peralatan kesehatan dan tenaga medis telah disiapkan langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond menambahkan, AHD menjadi lokasi isoman terpusat sekaligus RSDC. Untuk isoman terpusat akan ditempatkan di Gedung Mekkah dengan kapasitas 684 temoat tidur. Sedangkan RSDC dipusatkan di Gedung Madinah dengan kapasitas 433 tempat tidur.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X