Siapa Calon Pengganti Lili Pintauli di KPK? Ini Bocorannya

- Rabu, 21 September 2022 | 08:23 WIB
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (Instagram @official.kpk)
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar (Instagram @official.kpk)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Siapakah calon pengganti Lili Pintauli Siregar yang mundur dari kursi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di tengah kontroversi dugaan pelanggaran kode etik?

Ternyata, saat ini, Komisi III DPR RI telah menerima dua nama calon pengganti Lili Pintauli Siregar di KPK, yang diajukan melalui Surat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti yang diungkapkan Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak H Panggabean, penggantian Lili Pintauli Siregar ada di tangan Presiden Jokowi. Hal itu sesuai Undang-Undang Nomor: 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Baca Juga: Korupsi Berjamaah di Jambi! KPK Tetapkan 28 Orang Tersangka Kasus Suap RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018

Masuknya surat presiden tentang pengajuan nama pengganti Lili Pintauli ke DPR dibenarkan oleh anggota Komisi III DPR RI. Presiden hanya mengirimkan dua nama calon pimpinan KPK pengganti Lili Pintauli ke DPR.

"Yang saya dengar namanya Pak Johanis Tanak kalau nggak salah, sama Pak Nyoman Wara kalau nggak salah ya yang dari BPK," kata anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Setelah masuknya ajuan nama calon pengganti Komisioner KPK, maka tugas Komisi III DPR yang bermitra dengan KPK adalah memilih satu dari dua nama yang diajukan.

Baca Juga: KPK Geledah Fakultas Hukum dan Kedokteran Unila, 3 Koper Berkas Diamankan

"Dari Presiden ada dua, yang dibutuhkan satu, berarti kami harus pilih. Kecuali namanya yang dibutuhkan satu yang dikirimkan satu kan berarti kami harus menyetujui atau tidak setuju," ujara dia dilansir dari PMJ News.

Namun dalam pemilihan Komisioner KPK mekanismenya bukan persetujuan, tapi pemilihan. Hal itu berbeda dengan pemilihan hakim agung, atau Kapolri yang mekanismenya persetujuan.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 | 19:35 WIB
X