Sejak Kapan Sudrajad Dimyati jadi Hakim Agung?

- Jumat, 23 September 2022 | 15:14 WIB
profil singkat Hakim Agung Sudrajad Dimyati yang jadi tersangka kasus dugaan suap (istimewa)
profil singkat Hakim Agung Sudrajad Dimyati yang jadi tersangka kasus dugaan suap (istimewa)

suaramerdeka-solo.com - Nama Hakim Agung Sudrajad Dimyati mendadak ramai diperbincangkan publik seiring dengan status tersangka yang disematkan oleh KPK.

Hakim Agung di Mahkamah Agung (MA) ini ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus perkara suap di MA. Lalu sejak kapan Sudrajad Dimyati jadi Hakim Agung di MA?

Berdasarkan data yang dihimpun solo.suaramerdeka.com, disebutkan bahwa nama Sudrajad Dimyati masuk dalam surat Komisi Yudisial dengan No.566/P.KY/2014 tertanggal 17 Juli 2014 perihal Pengajuan Nama Calon Hakim Agung.

Baca Juga: Profil Hakim Agung Sudrajad Dimyati yang Ditetapkan sebagai Tersangka oleh KPK

Nama Sudrajad Dimyati masuk atau lolos dalam seleksi KY. Dia menjadi satu dari lima calon Hakim Agung dengan nomor urut 3 dengan jabatan saat itu Wakil Pengadilan Tinggi Pontianak (Perdata).

Selanjutnya dari lima nama yang masuk tersebut dilakukan pemilihan oleh Komisi III DPR RI dengan mekanisme pemungutan suara. Yang memperoleh persetujuan nantinya adalah yang memperoleh suara 50 persen plus 1.

Baca Juga: Salah Satu Hakim Agungnya Tersangka Korupsi, Ini Kata Mahkamah Agung

Saat itu tercatat ada 50 orang anggota Komisi III yang hadir dari 53 orang. Dan Calon Hakim Agung yang disetujui adalah yang memperoleh setidaknya 26 suara.

Setelah dilakukan pemilihan Sudrajad Dimyati mendapatkan suara setuju sebanyak 38, tidak setuju 9 orang dan abstain 3 orang. Artinya Sudrajad Dimyati disetujui menjadi Hakim Agung.

Baca Juga: Hakim Agung Sudrajad Dimyati jadi Tersangka Korupsi, Begini Penjelasan dari KPK

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Senin, 3 Oktober 2022 | 11:51 WIB

Kapolri Takziah ke Rumah Korban Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 | 10:17 WIB
X