Video Anggota TNI Menendang Suporter di Kanjuruhan Viral, Panglima TNI Angkat Bicara

- Senin, 3 Oktober 2022 | 13:44 WIB
Panglima TNI Diminta Ambil Tindakan Cepat Soal Video Kekerasan di Stadion Kanjuruhan  (Gorajuara/  Twitter/ @giginpraginanto)
Panglima TNI Diminta Ambil Tindakan Cepat Soal Video Kekerasan di Stadion Kanjuruhan (Gorajuara/ Twitter/ @giginpraginanto)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut video anggota TNI represif saat tragedi Kanjuruhan viral.

Karena itu Pemerintah meminta Jenderal Andika untuk melakukan tindakan cepat sesuai dengan aturan yang berlaku dalam mengusut kebenaran mengenai keterlibatan oknum TNI, sebagaimana terlihat dalam beberapa video yang beredar di tengah masyarakat.

“Di dalam video-video yang beredar, ada juga TNI yang nampaknya melakukan tindakan berlebih dan di luar kewenangannya. Apakah video itu benar atau tidak, Panglima TNI akan segera meneliti dan mengumumkannya kepada kita semua,” ujar Mahfud.

Baca Juga: 7 Sanksi Mengerikan Menghantui Indonesia Jika Tragedi Kanjuruhan, Jadi Pijakan FIFA Jatuhkan Sanksi

Terkait hal itu, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan bahwa oknum prajurit TNI yang terbukti melakukan kekerasan di luar kewenangannya dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10) malam, akan diberikan sanksi pidana.

"Kami tidak akan mengarah pada disiplin, tidak, tetapi pidana karena memang itu sudah sangat berlebihan. Itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau (yang lain) misalnya. Itu bagi saya masuk ke tindak pidana," ujar Andika.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Tim TNI telah mulai melakukan investigasi mengenai kemungkinan keterlibatan beberapa oknum prajurit TNI yang melakukan kekerasan pada beberapa suporter sebagaimana terlihat dalam beberapa video yang beredar di tengah masyarakat.

"Ya, kami sudah sejak kemarin sore melakukan investigasi sekaligus kami lanjutkan dengan proses hukum. Karena apa? Karena memang yang viral itu, itu kan sangat jelas tindakan di luar kewenangan (prajurit TNI)," ujar Andika.

Baca Juga: Inikah Anak Rizky Billar Hasil Selingkuh dengan Tante-tante Kalibata?

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lord Rangga Sunda Empire Meninggal di Brebes

Rabu, 7 Desember 2022 | 13:30 WIB

2.219 Warga Terdampak Erupsi Semeru Mengungsi

Senin, 5 Desember 2022 | 21:28 WIB

Bus Wisata Masuk Jurang di Magetan, Tujuh Orang Tewas

Minggu, 4 Desember 2022 | 21:17 WIB
X