Tragedi Kanjuruhan, Siapa yang Perintahkan Tembakan Gas Air Mata? Ini Kata Kompolnas

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:50 WIB
Pejabat yang memerintahkan penggunaan gas air mata di Stadion Kanjuruhan Malang, masih diburu. (Twitter @AremaniaCulture)
Pejabat yang memerintahkan penggunaan gas air mata di Stadion Kanjuruhan Malang, masih diburu. (Twitter @AremaniaCulture)

MALANG, suaramerdeka-solo.com - Tragedi berdarah Kanjuruhan telah merenggut 125 korban jiwa.

Penggunaan ga air mata oleh aparat disebut-sebut sebagai pemicu terjadinya tragedi berdarah tersebut. Lalu siapa yang memerintahkan penembakan gas air mata itu?

Baca Juga: Viral! Video Suporter di Kanjuruhan Minta Polisi Tidak Tembakkan Gas Air Mata Dibalas Bentakan

Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto, di Malang mengatakan pihaknya juga masih melakukan penelitian terkait dari mana perintah kepada anggota di lapangan untuk menggunakan gas air mata tersebut.

"Ini kami teliti. Karena saat itu Kapolres Malang sedang di luar akan mengamankan pemain (Persebaya) yang akan keluar," kata Wahyu.

Baca Juga: 127 Orang Meninggal, Gas Air Mata Jadi Penyebab Banyaknya Korban? Bagiamana Regulasi FIFA soal Gas Air Mata?

Wahyu menjelaskan, pada saat Kapolres Malang (nonaktif) AKBP Ferli Hidayat tersebut berada di luar, di dalam Stadion Kanjuruhan terjadi kericuhan dan kemudian petugas menggunakan gas air mata untuk mengurai massa.

Dengan kondisi tersebut, katanya lagi, diperkirakan ada pejabat di dalam yang memerintahkan anggota untuk menggunakan gas air mata tersebut.

Baca Juga: Buntut Tragedi Berdarah di Kanjuruhan, Kapolres Malang Dicopot

"Kejadian itu di dalam, berarti ada pejabat di dalam yang memerintahkan. Siapa orangnya, sedang disidik. Tapi sembilan orang sudah dicopot. Tim sedang bekerja."

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas IX 2022 Solo Ditutup dengan Bersholawat

Sabtu, 26 November 2022 | 17:45 WIB
X