Tragedi Kanjuruhan, Kompolnas Sebut Ada Pintu di Stadion Kanjuruhan yang Terkunci

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 11:42 WIB
Pintu Stadion Kanjuruhan disebut terkunci saat tragedi berdarahyang mengakibatkan 131 orang korban meninggal dunia.  (sun daily)
Pintu Stadion Kanjuruhan disebut terkunci saat tragedi berdarahyang mengakibatkan 131 orang korban meninggal dunia. (sun daily)

suaramerdeka-solo.com - Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 131 orang meninggal (data terbaru) disebut-sebut pemicunya adalah tembakan gas air mata dari aparat dan adanya pintu yang terkunci.

Keberadaan pintu stadion yang terkunci juga disampaikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Menurut Kompolnas, memang ada pintu yang terkunci saat tragedi Kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) lalu. Namun, mereka belum mendapatkan penjelasan resmi dari panitia pelaksana (Panpel).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Jumlah Korban Meninggal Bertambah Menjadi 131 Orang

Komisioner Kompolnas yang bernama Albertus Wahyurudhanto mengakui bahwa ada pintu yang tertutup. Namun, pihaknya masih belum mendapatkan keterangan resmi terkait siapa yang mengunci pintu.

"Belum ada penjelasan seara resmi siapa yang mengunci pintu, tetapi memang ada pintu itu terkunci. Saya kurang tahu pasti, tapi ada 12 pintu dan dua pintu besar," ucap Wahyu ketika ditemui awak media di Polres Malang, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Siapa yang Perintahkan Tembakan Gas Air Mata? Ini Kata Kompolnas

Lebih lanjut, Wahyu menegaskan akan mendalami terkait siapa yang memegang kunci pintu. Sebab, seharusnya pintu sudah harus dibuka 15 menit terakhir sebelum pertandingan selesai.

"Belum tahu pasti, tapi secara logika itu panpel. Tapi kami akan mendalami lagi," imbuhnya.

Kompolnas pun menambahkan seharusnya pintu stadion sudah dibuka 15 menit terakhir sebelum pertandingan selesai untuk penonton yang akan keluar.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas IX 2022 Solo Ditutup dengan Bersholawat

Sabtu, 26 November 2022 | 17:45 WIB
X