Tragedi Kanjuruhan, Lima Prajurit TNI Diperiksa, Komandannya Diburu Panglima TNI

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:14 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan kepada awak media seusai mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).(Antara/Indra Arief Pribadi)
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan keterangan kepada awak media seusai mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).(Antara/Indra Arief Pribadi)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Lima prajurit TNI diperiksa terkait dengan tragedi berdarah di Kanjuruhan Malang.

Hal itu ditegaskan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa usai mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Prajurit yang diperiksa terkait tragedi yang mengakibatkan 131 korban meninggal (data terbaru) tersebut yakni empat berpangkat Sersan Dua (Serda) dan satu lainnya Prajurit Satu (Pratu).

Baca Juga: Video Anggota TNI Menendang Suporter di Kanjuruhan Viral, Panglima TNI Angkat Bicara

"Kami sedang memeriksa unsur pimpinan karena mereka ini kan Sersan Dua ada empat orang dan Prajurit Satu ada satu orang. Kita memeriksa yang lebih di atasnya," ujar Panglima.

Panglima TNI mengungkapkan bahwa dari lima prajurit yang diperiksa setelah sudah ada bukti awal, empat di antaranya sudah mengakui perbuatannya, tetapi satu lainnya belum.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Pemerintah Bentuk Tim Independen

Berkenaan dengan pemeriksaan terhadap unsur pimpinan, TNI akan mendalami mengenai kesesuaian prosedur dan instruksi yang mereka sampaikan kepada prajurit yang bertugas di Stadion Kanjuruhan saat kejadian.

"Prosedur apakah yang mereka lakukan? Apakah mereka sudah mengingatkan? Dan seterusnya. Ini sampai dengan komandan batalyonnya yang ada di situ," katanya.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi Telepon Presiden FIFA, Berbicara soal Sanksi?

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas IX 2022 Solo Ditutup dengan Bersholawat

Sabtu, 26 November 2022 | 17:45 WIB
X