Perkara Pembunuhan Brigadir J Dilimpahkan ke Kejagung, Nasib Sambo CS Ditangan Jaksa

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 15:33 WIB
Ferdy Sambo ketika dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai bagian dari proses tahap dua, Rabu, 5 Oktober 2022. (PMJ News / Istimewa)
Ferdy Sambo ketika dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai bagian dari proses tahap dua, Rabu, 5 Oktober 2022. (PMJ News / Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Polisi resmi menyerahkan Ferdy Sambo, tersangka serta barang bukti pembunuhan Brigadir J dan "obstruction of justice" ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Agung RI, Rabu, pukul 11.00 WIB.

Total ada 11 tersangka dengan 12 berkas perkara yang dilimpahkan ke JPU.

"Hasil koordinasi Tim Penyidik Bareskrim Polri bersama Tim JPU Kejagung sudah disepakati bahwa pada hari ini dilakukan penyerahan tahap II," kata Kepala Biro Multi Media Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Gatot Repli Handoko di Bareskrim, Mabes Polri.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Lima Prajurit TNI Diperiksa, Komandannya Diburu Panglima TNI

Sebelum dilimpahkan, kata Gatot, dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para tersangka. Hasil pemeriksaan kesehatan terhadap para tersangka semua dalam kondisi sehat untuk dilakukan pelimpahan tahap II.

Jenderal bintang satu itu menjelaskan pelimpahan tahap II diawali untuk lima tersangka pembunuhan berencana Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi Telepon Presiden FIFA, Berbicara soal Sanksi?

Kelima tersangka, yakni Ferdy Sambo, Bharada Richard Elizier, Bripka Ricky Rizal, Kuat Maruf, dan Putri Candrawathi.

Kemudian penyerahan tujuh tersangka "obstruction of justice", yakni Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Pol. Agus Nur Patria, Kompol Baiquni Wibowow, Kompol Chuck Putranto, AKBP Arif Rahman Arifin, dan AKP Irfan Widyanto.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Kompolnas Sebut Ada Pintu di Stadion Kanjuruhan yang Terkunci

"Untuk saudara FS (Ferdy Sambo) ini juga terkait dengan kasus pembunuhan berencana, kemudian saat ini tim penyidik sedang mempersiapkan pergeseran para tersangka berikut barang bukti yang sudah disiapkan untuk diserahkan," kata Gatot.

Saat ditanya terkait penahanan para tersangka setelah dilimpahkan apakah bakal tetap ditahan di Rutan Bareskrim Polri dan Mako Brimob, Gatot mengatakan hal itu menjadi kewenangan Kejaksaan.

Baca Juga: Surat Pemecetan Ferdy Sambo Diteken Presiden Jokowi

"Untuk penahanan itu kan kewenangan JPU, yang jelas saat ini kami lakukan proses tahap duanya berikut barang bukti. Kalau kemarin itu pemeriksaan atau verifikasi oleh JPU sudah dinyatakan lengkap. Sekarang kita menggeser ke JPU," katanya. **

sumber; ANTARA

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas IX 2022 Solo Ditutup dengan Bersholawat

Sabtu, 26 November 2022 | 17:45 WIB
X