Tragedi Kanjuruhan, Presiden Perintahkan Seluruh Stadion Bola Diaudit Total

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 18:16 WIB
Tidak ingin tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan Malang, Presiden Jokowi minta seluruh stadion bola diaudit total. (Kompas TV)
Tidak ingin tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan Malang, Presiden Jokowi minta seluruh stadion bola diaudit total. (Kompas TV)

MALANG, suaramerdeka-solo.com - Tidak ingin Tragedi berdarah di Satadion Kanjuruhan yang menelan korban jiwa 131 orang, Presiden Joko Widodo memerintahkan audit seluruh stadion sepak bola di Indonesia.

"Saya juga perintahkan untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3, semuanya apakah gerbang-nya sesuai standar cukup lebar, apakah gerbang ukurannya sesuai dengan standar, manajemen lapangan-nya yang memegang kendali siapa, semuanya," kata Presiden di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Nanti Malam: Ada Bigmatch Chelsea Vs AC Milan dan Leipzig Vs Celtic

Menteri PUPR diberikan tugas untuk melakukan audit tersebut.

"Dari peristiwa ini harus kita perbaiki semua manajemen pertandingan, manajemen lapangan, manajemen pengelolaan stadion. Semua harus kita audit total kita tidak ingin peristiwa seperti di Kanjuruhan ini terjadi kembali di negara kita," ucap Presiden.

Baca Juga: Mataram Islah, Gibran Pasang Baliho Mataram Is Love di Manahan

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Jokowi mengunjungi RSUD dr. Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, untuk melihat kondisi korban selamat dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan.

Selain bertemu dengan para korban, Presiden Jokowi juga meninjau langsung Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang untuk mendapatkan gambaran tata letak stadion berkapasitas sekitar 35 ribu penonton itu.

Baca Juga: Perkara Pembunuhan Brigadir J Dilimpahkan ke Kejagung, Nasib Sambo CS Ditangan Jaksa

"Nanti Tim Gabungan Pencari Fakta yang harus melihat secara detail, tapi sebagai gambaran saya lihat tadi ada pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada tapi itu saya hanya melihat lapangan-nya, nanti semua akan disimpulkan oleh tim independen pencari fakta sekali lagi yang paling penting seluruh bangunan stadion akan diaudit oleh kementerian PU," jelas Presiden.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pospenas IX 2022 Solo Ditutup dengan Bersholawat

Sabtu, 26 November 2022 | 17:45 WIB
X