Javanologi UNS Inisiasi Bantuan Peralatan untuk Perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran

- Jumat, 30 Juli 2021 | 10:47 WIB
Penyerahan bantuan kepada pengelola Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran.(SMSolo/dok) (Evie Kusnindya)
Penyerahan bantuan kepada pengelola Perpustakaan Rekso Pustoko Mangkunegaran.(SMSolo/dok) (Evie Kusnindya)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran yang berdiri sejak 11 Agustus 1867 di masa pemerintahan KGPAA Mangkunegoro IV merupakan sumber ilmu pengetahuan.

Oleh sebab itu, di era cyber virtual ini perlu adanya upaya perlindungan dan penataan koleksi kuno agar dapat dimanfaatkan secara lebih baik dan lebih meluas.

Berangkat dari itu, Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menginisasi pemberian bantuan peralatan digitalisasi naskah kuno kepada perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran.

Baca Juga: Waduh! Sejumlah Pendaki Disanksi. Nekat Mendaki Merbabu Terabas Jalur Tikus

Bantuan berasal dari keluarga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI periode 1999-2004 Akbar Tandjung, yang terdiri dari dua unit komputer dan satu buah kamera digital.

Acara penyerahan bantuan yang digelar di perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran dihadiri Ketua PUI Javanologi UNS Prof Sahid Teguh Widodo, wakil dari keluarga besar Akbar Tandjung, Rory I Danisworo beserta istri, pengageng Mondropuro Pura Mangkunegaran Supriyanto, dan wakil dari perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran Darweni.

Baca Juga: Klaten Kembangkan Padi Rojolele pada Ratusan Hektare Lahan Sawah

“Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran itu sudah berabad-abad. Sudah berjalan dalam kurun waktu yang lama, perpustakaan Reksa Pustaka telah banyak menghantarkan putra-putri bangsa Indonesia untuk menyelesaikan studi pada level S1, S2 dan S3 dengan hasil penelitian secara umum cukup membanggakan,” ujar Prof Sahid.

Dikemukakan, PUI Javanologi UNS yang memiliki jejaring dengan berbagai pihak, membantu perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran untuk mencari pihak yang dapat menjadi penyandang dana.

Baca Juga: Videonya Viral, Polda Jateng Bantah Ada Hajatan di Pendapa Museum RA Kartini Rembang

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

2.136 Siswa Jadi Sasaran Serbuan Vaksinasi Kodim Klaten

Jumat, 10 September 2021 | 20:12 WIB
X