Mendikbud Ristek Targetkan 600 Ribu Guru Honorer Jadi PPPK Tahun 2023

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 13:32 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut 600 ribu guru honorer akan diangkat menjadi PPPK. (Instagram @nadiemmakarim)
Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut 600 ribu guru honorer akan diangkat menjadi PPPK. (Instagram @nadiemmakarim)

PONTIANAK, suaramerdeka-solo.com – Kabar gembira. Untuk meningkatkan kesejahteraan guru, pemerintah menargetkan 600 ribu guru honorer menjadi P3K pada tahun 2023 mendatang.

Hal itu ditegaskan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim di sela-sela kunjungan kerja di Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa 25 Oktober 2022.

"Kami berharap agar semua guru honorer dapat segera menjadi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) pada tahun 2023,” kata Nadiem Makarim seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Ini Penampakan Rumah yang Diduga Pabrik Uang Palsu di Sukoharjo

Tahun lalu, sudah ada sekitar 300 ribu guru honorer menjadi PPPK. Sedangkan tahun ini, formasi PPPK mencapai sekitar 319 ribu, berkat banyaknya pemda yang mendukung.

Dia berharap, tahun 2023, ada sekitar 600 ribu guru honorer yang menjadi PPPK dari rekrutmen terbesar sepanjang sejarah. Hal itu akan terus dilakukan sampai bisa memenuhi kebutuhan guru di Indonesia.

Baca Juga: Ini Pengakuan Mahasiswa Pelaku Klitih Yang Tertangkap di Klaten

Nadiem menekankan, perlunya dukungan dari Pemda untuk menyampaikan usulan formasi. "Guru honorer akan menjadi ASN PPPK jika Pemda mengizinkan ajuan formasi dari daerahnya," ujar Nadiem Makarim.

Untuk itu, Kemendikbud Ristek akan terus bekerja sama dengan Pemda dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) agar guru honorer bisa menjadi ASN PPPK.

Baca Juga: Ratusan THL Di Kabupaten Sukoharjo Ditolak Aplikasi BKN, Begini Nasibnya Terkini

Kemendikbud Ristek, terus mendorong perubahan pada aturan seleksi guru ASN PPPK, untuk mengakomodasi masukan dari guru honorer agar ada seleksi yang semakin berkeadilan.

"Sekarang, kita prioritaskan guru-guru honorer di sekolah negeri untuk dapat diangkat di sekolah tempatnya mengabdi selama ini," tegas dia.

Baca Juga: USB Wisuda 413 Lulusan, Mayoritas Langsung Kerja. Apa Rahasianya?

Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Nunuk Suryani menambahkan bahwa formasi ASN PPPK bagi Tenaga Kependidikan untuk tahun 2023, telah diusulkan.

"Setelah koordinasi dengan Kemenpan RB, tenaga kependidikan yang bisa diusulkan adalah yang mempunyai jabatan fungsional seperti pustakawan, laporan, kepala laboratorium," kata Nunuk Suryani. ** 

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X