Kapolda Cek Personel dan Pengamanan Muktamar Muhammadiyah di Solo

- Jumat, 18 November 2022 | 18:26 WIB
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekan jelang penyelenggaraan Muktamar Ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Mako Brimob Detasemen C Pelopor, Manahan, Solo, Jumat (18/11). (SMSolo/Sri Hartanto)
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekan jelang penyelenggaraan Muktamar Ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Mako Brimob Detasemen C Pelopor, Manahan, Solo, Jumat (18/11). (SMSolo/Sri Hartanto)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Pengamanan Muktamar Ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo telah disiapkan secara matang.

Sehari menjelang pembukaan Muktamar di Stadion Manahan, Sabtu (18/11), Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengecek kelengkapan personel dan sarana pangamanan di Mako Brimob Detasemen C Pelopor, Manahan Solo, Jumat (18/11) siang.

Jendral bintang dua tersebut memastikan kesiapan pengamanan pembukaan muktamar yang bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga: Info Lalu Lintas Solo: Jalan Seputar Manahan Ditutup Sabtu Pagi untuk Pembukaan Muktamar Muhammadiyah

"Ada 2.000 personel gabungan yang diterjunkan," kata Luthfi di sela kesiapan personel Brimob yang akan bertugas di kawasan Stadion Manahan.

Selain personel dari Polresta Solo, kata Luthfi, pengamanan juga diperkuat dengan personel dari jajaran kepolisian di eks Karisidenan Surakarta. Juga ada penguatan di tiap Polsek seputar lokasi kegiatan.

"Kami BKO-kan, dari wilayah eks Karisidenan Surakarta. Bukan dari Polresta saja," kata mantan Kapolresta Solo itu.

Baca Juga: Bus Pengangkut Penggembira Muktamar Ke 48 Muhammadiyah Hanya Sampai Batas Kota Solo

Perwira tinggi Polri itu menjamin, penyelenggaraan kegiatan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah berlangsung tertib, aman dan nyaman.

"Yang lebih diantisipasi kan pam (pengamanan) kendaraan keluar masuk jalur Kota Solo. Semua wilayah perbatasan hingga di tempat penyelenggaraan kegiatan sudah disiapkan personel untuk berjaga," tandas Ahmad Luthfi.

Sementara itu, Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, pengamanan akan diperkuat dari unsur Kokam (Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah).

Baca Juga: Disini Tempat Menginap Ribuan Penggembira Muktamar Muhammadiyah di Solo

Sebanyak 1.300 anggota Kokam telah disiagakan dan melaksanakan apel siaga di Stadion Manahan, pekan lalu.

"Angota Kokam juga sudah siap. Pekan lalu, juga sudah diapelkan di Stadion Manahan Solo. Saya yang memimpin langsung apel kesiagaannya," ungkap Iwan.

Diharapkan, kegiatan yang dihadiri sekitar tiga juta muktamirin berlangsung aman dan nyaman.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mercon Meledak di Magelang. 1 Tewas 11 Rumah Rusak

Senin, 27 Maret 2023 | 10:50 WIB
X