Penipuan lewat Website Formula E dan Bank BRI Palsu, 3 Orang Jadi Tersangka

- Kamis, 24 November 2022 | 06:14 WIB
Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Kombes Reinhard Hutagaol (kanan) bersama Kabag Penum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat konferensi pers.  (dok. Humas Polri)
Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Kombes Reinhard Hutagaol (kanan) bersama Kabag Penum Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan saat konferensi pers. (dok. Humas Polri)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Kasus penipuan dan pencurian data nasabah bank dengan modus website Formula E palsu, BRI dan link phising, menginjak babak baru.

Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Satu orang berinisial FI (25) sudah diamankan.

Dua tersangka lainnya masih diburu polisi. Keduanya berinisial H sebagai pembuat website dan N yang berperan berkomunikasi dengan para korban.

Baca Juga: Website Pemkab Karanganyar Diretas. Tanya Pak Jokowi Kemana

Kasubdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Pol Reinhard Hutagaol mengatakan, tersangka membuat ratusan website phising yang digunakan untuk melakukan penipuan dan pencurian data nasabah perbankan.

“Modus operandinya website palsu, pelaku membuat halaman website yang menyerupai halaman website penyelenggara ajang Formula E,” kata Reinhard Hutagaol seperti dilansir PMJ News, Rabu (23/11/2022).

Di website palsu itu, dicantumkan nomor WhatsApp untuk berkomunikasi bila ada pembelian tiket Jimbara Suite 1D seharga Rp 517.000. Setelah dibayar, pelaku mengirimkan tiket dalam format PDF.

Baca Juga: Website DPRD Sukoharjo Dihack Gambar Kepala Ruwet

“Sebenarnya yang aslinya dikirimkan berbentuk PDF yang ada QR Code-nya. Jadi yang sebelumnya (palsu) tidak ada QR Code. Yang benar (asli) ada QR Code-nya,” ujar dia.

Pelaku juga membuat website yang menyerupai halaman aplikasi Bank BRI. Kemudian, pelaku mengirimkan WhatsApp blast berisi pemberitahuan perubahan tarif transfer dana.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Panglima TNI

Sabtu, 3 Desember 2022 | 07:25 WIB

Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 | 19:35 WIB
X