Harus Bawa Surat dari Desa, Korban Gempa Cianjur Keluhkan Prosedur Mendapat Bantuan

- Kamis, 24 November 2022 | 12:19 WIB
Prosedur mendapatkan bantuan yang diumumkan Instagram @diskominfocianjur dikeluhkan warga korban bencana. (SMSolo/tangkapan layar )
Prosedur mendapatkan bantuan yang diumumkan Instagram @diskominfocianjur dikeluhkan warga korban bencana. (SMSolo/tangkapan layar )

CIANJUR, suaramerdeka-solo.com – Korban gempa Cianjur, Jawa Barat mengeluhkan prosedur mendapat bantuan yang dinilai sulit di situasi darurat. Para pengungsi harus membawa surat rekomendasi dari desa.

Prosedur untuk mendapatkan diumumkan di media sosial, salah atunya akun Instagram @diskominfocianjur. Namun, persyaratan itu mendapat reaksi masyarakat karena dinilai rumit di saat bencana.

Baca Juga: Alphard Hantam Truk Traktor Head di Jalan Tol Semarang- Solo, Tiga Orang Tewas  

"Wargi Cianjur, silahkan apabila ada yang perlu bantuan baik sembako maupun terpal, silahkan membuat surat rekomendasi dari Desa setempat dengan di cap Desa dan tanda tangan Kepala Desa atau RT/RW. Lalu di rinci jumlah pengungsi dan kebutuhannya apa saja nanti di bawa suratnya ke Posko Pendopo Kabupaten Cianjur, dengan didampingi oleh pihak Desa atau perwakilan dari para pengungsinya, terimakasih.’’ Begitu bunyi pengumuman di akun tersebut.

Baca Juga: Miris! Siswa Kelas 2 SD di Malang Koma di RS karena Dianiaya Kakak Kelasnya

Unggahan itu pun memancing reaksi warganet, sebagian besar menyesalkan proses mendapatkan bantuan yang dinilai sulit.

Mereka berharap, prosesnya dipermudah mengingat kondisi darurat bencana dan banyak pengungsi yang membutuhkan bantuan dengan segera.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Prediksi Uruguay vs Korea Selatan

“Tolong dipermudah jangan apa² harus ada surat² kasian warga disana yg memang dalam keadaan genting,” tulis akun @gian_fauziah10.

“Aduh pak bisa langsung disalurkan aja gak, keburu kelaparan mereka ya Allah,’’ ujar @_maritzaicha.

Baca Juga: Data BNPB, Jumlah Korban Meninggal Gempa Cianjur Bertambah jadi 271 Orang

“Assalamualaikum. Tolong lah pak, saat seperti ini jgn dibikin susah prosedurnya. Coba keliling, banyak yg kelaparan karena prosedur berbelit-belit,’’ imbuh akun @its_teladesa. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Setujui Laksamana Yudo Margono Panglima TNI

Sabtu, 3 Desember 2022 | 07:25 WIB

Laksamana Yudo Margono Calon Tunggal Panglima TNI

Senin, 28 November 2022 | 19:35 WIB
X