Jerry Lawson, Penemu Cartridge Game Yang Wajahnya Terpasang di Doodle Google, Siapa Dia?

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:07 WIB
Inilah profil Jerry Lawson, penemu Cartridge game pertama di dunia yang kini menjadi ikon Google Doodel edisi 1 Desember 2022.
Inilah profil Jerry Lawson, penemu Cartridge game pertama di dunia yang kini menjadi ikon Google Doodel edisi 1 Desember 2022.

suaramerdeka-solo.com - Kamis, 2 Desember 2022, Goggle mengubah Doodle Google menjadi wajah seseorang. Tidak banyak yang tahu siapa sosok ini, bahkan gamers pun jarang mengenalnya.

Padahal, tokoh bernama Jerry Lawson, ia merupakan penemu dari cartridge game yang berfungsi untuk memainkan banyak game di satu console game.

Baca Juga: Penertiban Tambang Ilegal, Ganjar: Laporan Sering Gagal Ditindak karena Informasinya Bocor

Jerry Lawson, atau Gerald Jerry Anderson Lawson merupakan seorang pengembang game dengan konsep cartridge pertama di era 1970'n. Jerry dilahirkan di kota Queens, New York City, tanggal 1 tahun 1940.

Ayah Jerry berprofesi sebagai buruh pelabuhan sedangkan ibunya bekerja di New York City. Konsep awal dari pembuatan cartridge bermula dari ia melihat karya George Washington Carver, lalu ia masuk di dunia elektronik dan sempat kuliah di Kota Queen's.

Baca Juga: Hujan Deras, Jalur Solo Selo Borobudur di Genting, Cepogo Longsor

Akhirnya di tahun 1970 ia masuk ke club komputer Homebrew Silicon Valley, dan menjadi orang kulit hitam pertama yang masuk di club tersebut.

Di pertengahan 1970'n Jerry membantu untuk membuat Fairchild Channel F, yaitu mesin hiburan rumahan yang diproduksi oleh Fairchild Semiconductor.

Alasan Google memakai wajahnya sebagai doodle hari ini, dikarenakan untuk mengenang sekaligus memperingati hari ulang tahunnya.

Baca Juga: Jembatan Mojo Solo Segera Dibuka Kembali, Tak Ada Pembatasan Jenis Kendaraan

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X