Warga Panik, Semeru Luncurkan Awan Panas hingga 7 Km

- Minggu, 4 Desember 2022 | 20:58 WIB
Potretnya Erupsi Gunung semeru, 6 Desa Terdampak Awan Panas Guguran 'Wedus Gembel' (ig @indoflashlight)
Potretnya Erupsi Gunung semeru, 6 Desa Terdampak Awan Panas Guguran 'Wedus Gembel' (ig @indoflashlight)

Lumajang, suaramerdeka-solo.comGunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kembali erupsi dan meluncurkan awan panas hingga 7 km, Minggu (4/12/2022) pukul 02.46 WIB.

Luncuran awan panas membuat warga panik, mengingat sebagian dari mereka merupakan korban erupsi terdahulu yang kini tinggal di lokasi relokasi.

erupsi Semeru dilaporkan Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca Juga: BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022

Situs resmi MAGMA Indonesia Kementerian ESDM melaporkan, erupsi Gunung Semeru pada Minggu, 4 Desember 2022, pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1500 meter di atas puncak.

Kolom abu termati berwarna kelabu dengan intensitas sedang sampai tebal ke arah tenggara dan selatan. Erupsi Gunung Semeru terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

Baca Juga: Prediksi Prancis vs Polandia: Prancis Pernah Dihajar Polandia di Piala Dunia 1982

PVMBG Kementerian ESDM pun menghimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak Semeru.

"Masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak," demikian keterangan PVMBG.

Baca Juga: 8 Desember 13 Desa Pilkades, Polres Sukoharjo Gelar Latihan Simulasi Pengamanan TPS

Masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Warga juga harus mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mercon Meledak di Magelang. 1 Tewas 11 Rumah Rusak

Senin, 27 Maret 2023 | 10:50 WIB
X