Resmi! Presiden Jokowi Cabut PPKM. Satgas Covid-19 Tetap Dipertahankan

- Jumat, 30 Desember 2022 | 15:20 WIB
Resmi! Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut PPKM di Indonesia.  (YouTube/Sekretariat Negara)
Resmi! Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut PPKM di Indonesia. (YouTube/Sekretariat Negara)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com - Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan pencabutan PPKM per hari ini, Jumat 30 Desember 2022.

Dalam siaran pers Presiden Jokowi yang dilansir dari YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menjelaskan, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan Covi-19 dengan baik. Sekaligus bisa menjaga stabilitas ekonominya.

"Kebijakan gas dan rem yang menyeimbangkan penanganan kesehatan dan perkonomian menjadi kunci kebrhasilan kita," kata Presiden.

Baca Juga: Rayakan Natal, Adhiwangsa Hotel & Convention Solo Berbagi Kasih Bersama Adha

Kalau dilihat dalam beberapa bulan terakhir, lanjut Jokowi, pandemi Covid-19 semakin terkendali. Per 27 Desember 2022 kasus harian 1,7 kasus per 1 juta penduduk.

Positive rate mingguan 3,35 persen, tingkat perawatan RS atau BOR berada di angka 4,79 perssn dan angka kematian 2,39 persen.

Baca Juga: Bingung Malam Tahun Baru Kemana? Berikut Agenda Malam Tahun Baru di Solo, Klaten, Wonogiri dan Sragen

Angka itu semuanya berada di bawah standar dari WHO. Dan seluruh kabupaten/kota berstatus PPKM Level 1. Dimana pembatasan kerumanan dan pergerakan orang di tingkat rendah.

"Setelah mengkaji dan mempertimbangkan yang sudah lebih dari 10 bulan, dan melalui pertimbangan yang berdasarkan angka angka yang ada, maka pad ahari ini pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM," tegas Presiden.

Baca Juga: Rozy Zay Hakiki, Suami yang Selingkuh Dengan Mertuanya Buka Suara. Katanya Khilaf!

Pencabutan status PPK tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 tahun 2022.

"Jadi tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pembatasan pergerakan masyarakat. Namun demikian saya minta seluruh masyarakat dan komponen bangsa untuk tetap hati-hati dan waspada," imbau Jokowi.

Baca Juga: Status PPKM Akan Dicabut Akhir Desember? Ini Kata Presiden Jokowi

Dalam masa transisi, lanjut Presiden, Satgas Covid-19 Pusat dan Daerah tetap dipertahankan.

"Dalam masa transisi Satgas Covid 19 Pusat dan Daerah tetap dipertahankan untk merespon penyebaran yang cepat. Jaid Satgas daerah tetap ada selama masa transisi," tandasnya. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X