Peringati Detik-Detik Proklamasi di Tawangmangu, Bentangkan Bendera Raksasa Diiringi Raungan Sirine Ambulans

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:33 WIB
Bendera raksasa dibentangkan di JPO depan Pasar Tawangmangu dalam peringatan detik-detik Proklamasi di Tawangmangu, Selasa (17/8/2021).  (SMSolo/Irfan Salafudin)
Bendera raksasa dibentangkan di JPO depan Pasar Tawangmangu dalam peringatan detik-detik Proklamasi di Tawangmangu, Selasa (17/8/2021). (SMSolo/Irfan Salafudin)
KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Pembentangan bendera raksasa berukuran 12 x 9 meter dilakukan para relawan di Tawangmangu, dalam memperingati detik-detik Proklamasi, Selasa (17/8/2021).

Bendera raksasa itu dibentangkan di jembatan penyeberangan orang (JPO) di depan Pasar Tawangmangu, tepat pukul 10.17 WIB.
 
Suara sirine dari 10 ambulans yang ditempatkan di bawah JPO mengiringi, saat kain bendera dibentangkan.
 
Baca Juga: Detik-detik Proklamasi, Pengguna Jalan Di Solo Baru Dihentikan

Para relawan dari berbagai unsur, sejumlah warga yang melintas, maupun personel TNI/Polri dan pemangku wilayah, memberi penghormatan saat sang saka merah putih secara perlahan dibentangkan.
 
Aktivitas masyarakat berhenti sesaat, termasuk kendaraan yang melintas.

Ruas jalan di bawah JPO sempat ditutup selama 20 menit, untuk kelancaran acara. Kendaraan yang akan menuju ke timur dialihkan melalui area parkir pasar, sementara yang menuju barat dialihkan melalui Terminal Tawangmangu.
 
Baca Juga: Pimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi, Presiden Berbusana Adat Lampung

Wakil Ketua Relawan Masyarakat Tawangmangu Peduli (Mantap) Lilik Joko Suratmo, peringatan detik-detik Proklamasi biasanya dilakukan dengan pengibaran bendera raksasa.

"Sudah jalan tiga tahun terakhir. Tapi untuk tahun ini, karena tower yang biasa digunakan untuk pengibaran bendera kondisinya tidak memungkinkan, maka dilakukan pembentangan bendera di JPO," jelasnya.

Berbagai unsur relawan terlibat dalam kegiatan tersebut.
 
 
Mulai dari relawan kebencanaan, hingga driver ambulans dari berbagai organisasi.

Relawan Ambulans Ramah Peduli Triyono mengatakan, aksi tersebut untuk mengingat perjuangan para pahlawan, yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

"Selain relawan dan unsur terkait, ada juga masyarakat umum yang mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi itu," imbuhnya.*

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Duh Gusti, Bisa-bisanya Siswa SD Memperkosa Anak 7 Tahun

Selasa, 27 September 2022 | 21:09 WIB

KPK Bakal Periksa Ketua MA dalam Kasus Sudrajat Dimyati?

Senin, 26 September 2022 | 10:31 WIB

Asrama Polisi di Solo Baru Meledak, Satu Polisi Terluka!

Minggu, 25 September 2022 | 21:01 WIB

Korsleting, Rumah dan Mobil di Sragen Ludes Terbakar

Minggu, 25 September 2022 | 17:40 WIB
X