Pelatnas APG Hanoi dan Asian Para Games Hangzhou, NPC Indonesia Segera Gembleng 200 Atlet

- Sabtu, 18 September 2021 | 06:10 WIB
Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo 2020, kembal tiba di Solo, Jumat (17/9/2021) malam. (SMSolo/Setyo Wiyono)
Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Tokyo 2020, kembal tiba di Solo, Jumat (17/9/2021) malam. (SMSolo/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Tak hanya pelatnas menuju Paralimpiade Paris 2024 yang segera diselenggarakan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

NPC Indonesia juga akan menggembleng sekitar 200 atlet dalam pelatnas menghadapi multievent tingkat Asia Tenggara dan Asia.

Kedua multievent olahraga disabilitas itu adalah ASEAN Para Games (APG) Hanoi, Vietnam yang direncanakan pada Mei 2022, serta Asian Para Games Hangzhou, China, yang dijadwalkan pada Oktober 2022.

Baca Juga: Rehat Dua Pekan, NPC Indonesia Segera Gelar Lagi Pelatnas Menuju Paralimpiade Paris 2024

‘’Jadi selain pelatnas grup elite untuk para atlet yang memburu poin menuju Paralimpiade Paris 2024, juga ada pelatnas untuk 10 cabang olahraga, istilahnya pelapis di hotel lain dengan agenda menghadapi APG Hanoi dan Asian Para Games Hangzhou,’’ kata Wakil Sekjen NPCI Indonesia, Rima Ferdianto, Jumat (17/9/2021) malam.

Dua pelatnas itu rencananya sama-sama dimulai pada Oktober hingga Desember 2021, serta dipusatkan di Solo. Lalu pelatnas diteruskan Januari-Oktober 2022.

Sepuluh cabang olahraga yang digelar pada pelatnas untuk multievent Asia dan Asia Tenggara itu yakni atletik, renang, bulutangkis, tenis meja, angkat berat, panahan, goalball, catur, judo tunanetra dan boccia.

Baca Juga: Jokowi Berikan Selamat atas Capaian Dua Emas Indonesia pada Paralympic Tokyo 2020

‘’Kerangkanya adalah atlet-atlet yang dulu menghuni pelatnas APG Filipina 2019, namun akhirnya APG batal digelar karena pandemi Covid-19. Tapi kalau ada atlet yang bagus di luar atlet pelatnas dulu itu, bisa kita tandingkan melalui seleksi tertutup,’’ jelas Rima Ferdianto.

Namun berdasarkan informasi yang dia terima, kemungkinan kecil APG di Hanoi digelar sesuai rencana.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X