PON XX Papua: Peta Kekuatan Pencak Silat Semakin Merata di Daerah-daerah

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:18 WIB
Pelatih pelatnas pencak silat, Indro Catur Haryono. (SMSolo/dok)
Pelatih pelatnas pencak silat, Indro Catur Haryono. (SMSolo/dok)

JAYAPURA, suaramerdeka-solo.com – Hasil PON XX Papua menunjukkan peta kekuatan pencak silat kian merata di berbagai daerah di Indonesia.

Pelatih pelatnas pencak silat asal Solo, Indro Catur Haryono menyebutkan, jika pada PON Jabar 2016 terdapat delapan kontingen provinsi yang meraih medali emas, kini jumlah itu bertambah menjadi 10 provinsi yang menyabet gelar juara.

‘’Peta kekuatan terlihat lebih merata, terutama untuk nomor-nomor tanding. Kalau nomor seni atau TGR (tunggal, ganda, regu-red), kontingen Jabar dan DKI Jakarta masih terlalu tangguh bagi daerah lain, serta bisa muncul unsur subjektivitas dalam penilaian,’’ ujar Indro Catur, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga: PON XX Papua: Mustakim Sabet Satu-satunya Medali Emas untuk Pencak Silat Jateng

Dia mengungkapkan, kontingen-kontingen peraih emas pencak silat pada PON XX Papua adalah Jabar enam emas, DKI Jakarta tiga emas, Papua dua emas, Kaltim dua emas. Selain itu Jateng, Jatim, Sumsel, NTT, Sumbar dan Bali, masing-masing satu emas.

Sementara pada PON XIX Jabar 2016, hasilnya adalah Jabar sembilan emas, DKI Jakarta empat emas, Jatim tiga emas, Bali tiga emas, Jateng dua emas, serta Sumbar, NTB dan DIY masing-masing satu emas.

Beberapa kontingen tidak mendapatkan emas di PON Jabar, tapi di PON Papua meraih simbol juara yakni Papua, Kaltim, Sumsel dan NTT.

Baca Juga: PON XX Papua: Pencak Silat Jateng Panen Perunggu. Ini Dia Daftar Pesilat Peraihnya

‘’Jadi memang terjadi pergeseran dominasi kekuatan. Jabar, DKI Jakarta, Jatim dan Bali yang cukup dominan pada PON Jabar, kini perolehannya merosot. Termasuk Jateng, juga hanya meraih satu emas,’’ jelas Indro Catur yang juga koordinator pelatih tim pencak silat pelatda Jateng.

Pada PON XX Papua, tim pencak silat Jateng meraih satu medali emas dan enam medali perunggu. Seluruhnya dihasilkan dari nomor-nomor tanding.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prihanto Yakin Persika Tetap akan Berkembang

Senin, 29 November 2021 | 16:13 WIB
X