Ingatkan Disiplin Organisasi Olahraga, Rudy Tegaskan UU SKN Jadi Acuan Utama

- Minggu, 21 November 2021 | 22:53 WIB
FX Hadi Rudyatmo (SMSolo/dok)
FX Hadi Rudyatmo (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Tokoh olahraga yang juga penasihat KONI Surakarta, FX Hadi Rudyatmo mengingatkan tentang disiplin dan ketaatan organisasi olahraga di Kota Bengawan.

Pria yang akrab disapa Rudy tersebut menegaskan, KONI beserta pengurus-pengurus cabang di lingkup komite tersebut harus benar-benar taat dengan berbagai peraturan olahraga.

Utamanya UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional atau UU SKN, yang menjadi acuan utama.

‘’Harus taat pada UU SKN. Selain itu, organisasi keolahragaan baik KONI maupun pengurus cabang-cabang di bawahnya, harus transparan mengelola organisasi dan keuangan. Jika ada cabang yang akan muskot, maka Pengprov, Pengkot dan kalangan di dalamnya juga harus menjadikan UU SKN sebagai acuan utama,’’ kata Rudy, Sabtu (21/11/2021).

Baca Juga: Verawaty Fajrin Tutup Usia, Jokowi: Almarhumah Telah Mengharumkan Nama Indonesia

Wali Kota Surakarta periode 2012-2015 dan 2016-2021 itu menambahkan, pemahaman terhadap UU tersebut juga harus menyeluruh, bukan sepenggal-sepenggal.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan semua pegiat olahraga yang berkecimpung dalam kepengurusan harus membaca dan memahami secara keseluruhan UU tersebut.

Netralitas, kemandirian dan bebas intervensi dalam organisasi olahraga juga disebut tegas pada UU SKN dan peraturan pelaksanaannya, yakni Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2007. Demikian pula mengenai rangkap jabatan.

Rudy mengungkapkan, dirinya pernah beberapa kali diminta menjadi ketua umum sejumlah cabang olahraga, salah satunya menjadi Ketua Pengkot Perbakin Surakarta. Namun dirinya memutuskan untuk tidak menerimanya, karena waktu itu menjadi Wali Kota Surakarta.

Baca Juga: Daftar Tunggu Haji di Kabupaten Klaten Hingga 30 Tahun

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proliga 2022: Kejutan, Petrokimia Menggulung Bank bjb

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:51 WIB
X