Tundukkan Empat Lawan, Gamma Tirta Jadi Kunci Keunggulan Surakarta di Peparpeda 2021

- Rabu, 8 Desember 2021 | 19:41 WIB
Atlet para bulutangkis NPCI Surakarta Leonardus Gamma Tirta PH memamerkan medali emas Peparpeda Jateng yang diraihnya, diapit ayah dan ibunya. (SMSolo/Setyo Wiyono)
Atlet para bulutangkis NPCI Surakarta Leonardus Gamma Tirta PH memamerkan medali emas Peparpeda Jateng yang diraihnya, diapit ayah dan ibunya. (SMSolo/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Leonardus Gamma Tirta PH menjadi kunci keunggulan kontingen Surakarta pada Pekan Paralimpik Pelajar Daerah (Peparpeda) Jateng 2021 yang diselenggarakan di Solo, Selasa-Rabu (7-8/12/2021).

Medali emas klasifikasi disabilitas SU5 yang diraih pebulutangkis 10 tahun itu membawa kontingen tuan rumah menjadi juara umum. Total raihan Surakarta menjadi enam medali emas, sekeping perak dan dua perunggu.

Gamma menundukkan empat lawannya dalam pertandingan dengan sistem round robin di GOR Rahma Kadipiro, Solo, Rabu (8/12-2021).

Baca Juga: Raih Enam Medali Emas, Surakarta Juara Umum Peparpeda Jateng 2021

‘’Senang, bisa menjadi juara. Bersyukur bisa mengalahkan seluruh lawan pada pertandingan tadi,’’ kata Gamma, siswa kelas lima SD Kanisius Keprabon 1 Surakarta itu.

Keempat lawan yang dia tundukkan pada kelas SU5 itu adalah Alief Fath Hakim dan Hafiz Nur Afarizi dari Karanganyar, Kenji Satria Pamungkas (Sragen) dan Widi Nugroho (Klaten).

‘’Gamma mulai belajar bulutangkis sejak kelas empat SD, turut berlatih di klub PB Purnama. Meski difabel, dia sering diikutkan turnamen umum oleh klubnya, termasuk sirkuit nasional,’’ tutur ayah Gamma, Agustinus EkoHarjanto, didampingi istrinya Valentina Yenni Marinawati.

Baca Juga: Peparpeda Jateng: Sama-Sama Raih Lima Emas, Surakarta Tertinggal Tipis dari Kota Semarang

Kesuksesan anak kelahiran Surakarta, 13 Februari 2011 tersebut membuat koleksi kontingennya menjadi enam medali emas. Hal itu sekaligus membuat Kota Surakarta menjadi pemuncak klasemen.

Beberapa waktu sebelumnya, kotingen tuan rumah bersaing ketat dengan Kota Semarang.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proliga 2022: Kejutan, Petrokimia Menggulung Bank bjb

Sabtu, 15 Januari 2022 | 20:51 WIB
X