Awal Februari, Merah-Putih Bisa Kembali Berkibar di Arena Olahraga Internasional

- Kamis, 20 Januari 2022 | 08:31 WIB
Menpora Zainudin Amali (SMSolo/kemenpora.go.id)
Menpora Zainudin Amali (SMSolo/kemenpora.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka-solo.com – Bendera Merah Putih bisa kembali berkibar di arena olahraga internasional, mulai awal Februari 2022.

World Anti-Doping Agency (WADA) segera mencabut sanksi dan kembali mengizinkan berdera Indonesia itu kembali berkibar, setelah Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) memenuhi sejumlah syarat.

‘’Mudah-mudahan kalau tidak ada aral melintah, itu (bendera Indonesia berkibar lagi) awal Februari sudah bisa. Insya Allah, dari kondirmasi Ketua Tim Satgas (Raja Sapta Oktohari), bendera Indonesia sudah bisa berkibar,’’ kata Menpora Zainudin Amali di Jakarta.

Baca Juga: Shin Tae-yong Panggil Pemain-pemian Muda, Elkan Bagott Masuk

Semestinya sanksi Wada terhadap LADI berdurasi satu tahun. Namun berakhirnya sanksi dapat dipercepat menjadi empat bulan, setelah Tim Satgas Percepatan Sanksi Wada bergerak cepat melakukan pemenuhan berbagai hal yang dipersyaratkan badan antidoping dunia tersebut.

Wakil Ketua LADI Rheza Maulana menyampaikan tiga hal yang akan dilakukan pihaknya jika sanksi WADA dicabut.

Menurutnya, LADI akan melakukan pembenahan internal sesuai harapan WADA.Di mana tidak boeh ada anggota merangkap jabatan sebagai profesi struktural yang berkaitan dengan olahraga, serta tidak boeh ada konflik internal.

Baca Juga: Kritiknya Membuat STY Tersinggung, Tagar #HarunaOut Menggema

‘’Kedua, SOP LADI harus dibuat sebaik mungkin agar makin profesional ke depan. Ketiga, LADI akan menjalani hubungan yang baik dengan seluruh stakeholder olahraga agar tercipta suasana pelaksanaan anti doping yang baik,’’ jelasnya.*

Sumber: kemenpora.go.id*

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FC Nurul Qur'an Kampiun Liga Santri Boyolali

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:51 WIB

Ini Line Up Timnas U-23 Melawan Thailand

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:04 WIB
X