Tiru Konsep Korea, NPCI Bakal Miliki Training Camp 5 Hektare di Karanganyar

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:51 WIB
Menpora Zainudin Amali, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Ketua Umum NPCI Senny Marbun bertemu di halaman Bumi Perkemahan Delingan, saat akan meninjau lokasi lahan tempat training camp pelatnas NPCI, Sabtu (22/1/2022).  (SMSolo/Setyo Wiyono)
Menpora Zainudin Amali, Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Ketua Umum NPCI Senny Marbun bertemu di halaman Bumi Perkemahan Delingan, saat akan meninjau lokasi lahan tempat training camp pelatnas NPCI, Sabtu (22/1/2022). (SMSolo/Setyo Wiyono)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com – National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) bakal memiliki tempat training camp (TC) untuk tempat pemusatan latihan nasional (pelatnas) atlet-atlet disabilitas.

Lokasi TC seluas lebih kurang 5 hektare itu berada di depan Bumi Perkemahan Cakra Pahlamasri di kawasan Delingan, Karanganyar itu meniru konsep training camp di Korea.

‘’Mudah-mudahan dalam waktu dekat dapat segera dibangun. Harapan Pak Bupati Karanganyar, lokasi ini segera terbangun, bersamaan dengan ASEAN Para Games. Apakah nanti ground breaking atau bagaimana,’’ kata Menpora Zainudin Amali, saat meninjau lokasi calon tempat TC NPCI, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: 13 Atlet NPCI Jateng Perkuat Kontingen Indonesia ke Asian Youth Para Games di Bahrain

Bupati Karanganyar Juliyatmono, serta Ketua Umum NPCI Senny Marbun dan jajarannya, turut mendampingi peninjauan lokasi yang saat ini masih berupa ladang tersebut.

Menpora Amali menjelaskan, lokasi training camp NPCI tersebut antara lain mencakup arena berlatih dan penginapan atlet. Konsepnya meniru tempat serupa di Korea.

‘’Lahan milik NPCI ini 5 hektare, saya kira cukup. Kita mencontoh tempat training camp yang ada di Korea. Kalau yang nondifabel, atlet Olimpiade, kami bangun di Cibubur, kita mencontoh Jepang,’’ jelasnya.

Baca Juga: Usai Peparnas XVI Papua, Para Atlet NPCI Jateng Diminta Tak Berhenti Berlatih

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan, kapan lokasi itu mulai dibangun dan ditargetkan rampung. Demikian pula estimasi kebutuhan anggarannya.

‘’Pembangunannya nanti dikoordinasikan Kementerian PUPR. Tapi diharapkan kontingen NPCI ke Paralimpiade Paris 2024, sudah bisa diberangkat dari sini. Jadi bisa meningkatkan motivasi para atlet dan pelatih,’’ kata Menpora.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FC Nurul Qur'an Kampiun Liga Santri Boyolali

Sabtu, 21 Mei 2022 | 16:51 WIB

Ini Line Up Timnas U-23 Melawan Thailand

Kamis, 19 Mei 2022 | 16:04 WIB
X