Jelang APG 2022: Siapkan Para Atletik Membidik 35 Medali Emas

- Jumat, 8 April 2022 | 20:00 WIB
Atlet atletik NPCI Jaenal Aripin memacu kursi rodanya dalam latihan. Dia bersiap menghadapi APG 2022. (SMSolo/Setyo Wiyono)
Atlet atletik NPCI Jaenal Aripin memacu kursi rodanya dalam latihan. Dia bersiap menghadapi APG 2022. (SMSolo/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Tiga puluh lima medali emas menjadi bidikan tim pelatnas atletik National Paralympic Committee (NPCI) Indonesia pada ASEAN Para Games (APG) 2022.

Perburuan bidikan tersebut akan dilakukan pada pesta olahraga disabilitas terbesar se-Asia Tenggara yang rencananya digelar di Jawa Tengah, khususnya Solo Raya, 30 Juli - 8 Agustus 2022 itu.

‘’Target minimal atletik pada APG nanti minimal 35 medali emas, 25 perak dan 25 perunggu. Mudah-mudahan bisa terlampaui,’’ kata pelatih pelatnas atletik NPCI Slamet Widodo, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga: Tim Renang NPCI Bawa Pulang Delapan Medali Emas dari Berlin, Rifky Terbanyak. Berikut Daftarnya

Target tersebut lebih rendah dibandingkan perolehan tim atletik Indonesia pada APG 2017 di Malaysia.

Pada APG terakhir sebelum jeda karena pandemic Covid-19 itu, para atlet atletik Merah Putih membawa pulang 40 medali emas. Jumlah atlet di gelanggang atletik waktu itu 50 orang.

‘’Kini peta persaingannya sebagian berubah. Sejumlah atlet NPC Indonesia telah pensiun, di sisi lain muncul atlet-atlet baru dari sejumlah kontingen peserta APG 2022,’’ jelas pria yang juga dosen Fakultas Keolahragaan (FKor) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) tersebut.

Baca Juga: 5 Hektare untuk Training Camp NPCI di Karanganyar. Apa Saja Isinya?

Guna mewujudkan perburuan target tersebut, sejumlah 66 atlet kini digembleng dalam pelatnas atletik NPC Indonesia yang dipusatkan di Solo.

Menurut Slamet, dari jumlah tersebut ada 45 atlet telah digembleng dalam pelatnas atletik, sejak Januari 2022 silam. Sedangkan 21 atlet lainnya bergabung di pelatnas mulai April ini. Mereka berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

670 Atlet Bertarung pada Kejurnas Bridge di Solo

Rabu, 30 November 2022 | 08:51 WIB
X