Tetap Fokus Siapkan APG, NPC Indonesia Tegaskan tak Ingin Jadi Ajang Politisasi

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:35 WIB
Ketua Umum NPC Indonesia (tengah) memberi penegasan mengenai APG tak ingin dipolitisasi dalam rilis media di Kantor Pusat NPC Indonesia di Solo, Jumat (24/6/2022). (SMSolo/Setyo Wiyono)
Ketua Umum NPC Indonesia (tengah) memberi penegasan mengenai APG tak ingin dipolitisasi dalam rilis media di Kantor Pusat NPC Indonesia di Solo, Jumat (24/6/2022). (SMSolo/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Hingga Sabtu (25/6/2022), National Paralympic Committee (NPC) Indonesia melakukan maraton persiapan untuk menghadapi ASEAN Para Games (APG) XI/2022.

Selain menyelesaikan pembenahan venues, otorita olahraga disabilitas nasional itu juga bakal menerima kehadiran ketua-ketua kontingen atau CdM (Chef de Mission) dari 11 negara peserta untuk melakukan seminar.

APG XI/2022 rencananya diselenggarakan di Solo dan Semarang pada 30 Juli-6 Agustus 2022.

Baca Juga: Membidik Emas APG XI, Tim Pelatnas Sepak Bola CP Indonesia Tambah Rival

Di sisi lain, NPC Indonesia menegaskan tidak ingin pesta olahraga disabilitas se-Asia Tenggara yang digelar di Solo Raya dan Semarang itu, menjadi ajang politisasi.

Sebab, saat ini mengapung silang interpretasi mengenai terpilihnya Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) atas penunjukan Presiden Joko Widodo.

Penyelenggaraan APG XI Tahun 2022 tersebut tertuang dalam Perpres Nomor 95 tahun 2022 yang diterbitkan 17 Juni 2022.

Baca Juga: Cek Venue Para Bulutangkis APG, Menpora: Saya Tak Membayangkan di Solo Ada Tempat Seperti Ini

‘’Jauh sebelum Presiden Jokowi menandatangani Perpres Nomor 95 tahun 2022, Gibran sudah bersama NPCI di Solo, saat kami undang pada Januari 2022 dan menyatakan siap karena Solo ditunjuk menjadi tuan rumah APG. Jadi bukan tiba-tiba Pak Jokowi menunjuk Gibran,’’ jelas Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun.

Menurutnya, posisi Gibran sebagai Ketua Pelaksana Inaspoc merupakan hasil dari penunjukan Ketum NPC Indonesia yang kemudian disetujui Menpora.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X