1.336 Volunter Dilatih untuk Dukung Penyelenggaraan APG 2022

- Kamis, 21 Juli 2022 | 21:37 WIB
Pelatihan volunter APG 2022 di Solo. (SMSolo/dok Inaspoc)
Pelatihan volunter APG 2022 di Solo. (SMSolo/dok Inaspoc)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Sejumlah 1.336 volunter menjalani latihan yang digelar Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc), Kamis-Sabtu (21-23/7/2022).

Jumlah itu merupakan hasil seleksi terhadap total 6.707 pendaftar yang berminat untuk menjadi tenaga pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo Raya dan Semarang itu.

Pembukaan pelatihan volunter dilakukan Wakil Ketua Bidang Administrasi Pertandingan Inaspoc, Bayu Rahadian.

Baca Juga: Inaspoc Teken MoU dengan APSF, Persiapan ASEAN Para Games 2022 Sudah Matang

"Pelatihan ini bertujuan menyiapkan volunter yang bagus demi mendukung kesuksesan APG 2022. Pemilihan volunter dilakukan secara bertahap, jadi adik-adik ini benar-benar telah terseleksi," kata dia.

Menurutnya, para tenaga sukarela itu menjadi salah satu pilar penting keberhasilan APG yang akan diselenggarakan 30 Juli – 6 Agustus 2022.

Sebab, volunter harus memberikan pelayanan terhadap seluruh kontingen atau 11 negara peserta. Mereka juga bertugas di lingkungan VIP pada multievent tersebut.

"Volunter adalah wajah dari penyelenggaraan, wajah kota Solo dan wajah Indonesia," jelas Bayu.

Baca Juga: Demi Promosi APG 2022, Canthik Rajamala pun Menghiasi Mobil Gibran

Berbagai materi pelatihan diberikan, di antaranya skill komunikasi, informasi dan pemahaman soal disabilitas, pelatihan khusus tentang pemahaman informasi teknis yang disesuaikan divisi penempatan, serta E-Learning yaitu portal pelatihan yang dapat diakses secara mandiri.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X