Yahya Hernanda, Sarjana Pendidikan yang Pegang Komando Timnas Sepak Bola CP APG 202

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:56 WIB
Kapten Timnas sepak bola CP NPC Indonesia Yahya Hernanda melepas tendangan pada latihan di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (30/7/2022). (SMSolo/dok Inaspoc)
Kapten Timnas sepak bola CP NPC Indonesia Yahya Hernanda melepas tendangan pada latihan di Stadion Sriwedari Solo, Sabtu (30/7/2022). (SMSolo/dok Inaspoc)

SOLO, suaramerdeka-solo.comTimnas sepak bola cerebral palsy (CP) National Parlympic Committee (NPC) Indonesia, seakan tak bisa dilepaskan dari nama M Yahya Hernanda.

Ya, pemain 26 tahun itu menjadi kapten timnas sepak bola CP Indonesia yang akan bertanding pada ASEAN Para Games (APG) 2022 pada 30 Juli-6 Agustus 2022.

Tak hanya kali ini, tapi sejak single event Invitasi Sepak Bola CP di Singapura 2016. Pada APG Malaysia 2017, Yahya pun dipercaya memegang komando lapangan hijau hingga Timnas Merah Putih merebut gelar juara.

Baca Juga: Laga Pembuka Sepak Bola CP APG 2022, Mengulang Duel Final di Malaysia

Sarjana Pendidikan Agama Islam alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin angkatan 2014 itu memang liat di lapangan tengah.

Dia juga punya sudut pandang lebar dalam membagi bola, serta umpan-umpan cukup akurat kepada pemain lain. Feeling killer-nya di depan gawang lawan cukup tajam, namun tidak egois, selalu berusaha sendiri menceploskan bola.

‘’Alhamdulillah, saya dipercaya untuk mengkoordinasikan permainan teman-teman di lapangan. Kini saya dan tim berkonsentrasi mempertahan gelar juara pada APG 2022,’’ kata Yahya.

Baca Juga: Siapkan Strategi Baru, Sepak Bola CP Indonesia Buru Gelar Juara APG 2022

Tentu bukan tugas yang ringan. Sebab target Merah Putih berada di pundak dia dan rekan-rekannya. Lebih-lebih, timnas racikan pelatih Anshar Ahmad yang dimanajeri dokter Fery Kustono, bakal kembali jumpa Thailand. Tim Negeri Gajah Putih itu merupakan rival terberat yang dikalahkan Indonesia, 3-0 pada final APG Malaysia 2017.

‘’Saya ingatkan ke teman-teman untuk selalu waspada terhadap Thailand, karena jam terbang mereka tinggi. Mereka sering ikut kejuaraan-kejuaraan internasional, termasuk Piala Dunia Sepak Bola CP di Spanyol, Mei 2022 lalu,’’ ujar Yahya.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

670 Atlet Bertarung pada Kejurnas Bridge di Solo

Rabu, 30 November 2022 | 08:51 WIB
X