Enam Versus Enam di Arena Sepak Bola CP, Kamboja Gembira Cetak Gol Perdana

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 11:40 WIB
Kiper Kamboja S Hen berusaha menangkap bola saat terjadi kemelut lawan timnas sepak bola CP Indonesia pada laga di Stadion UNS Solo, Selasa (2/8/2022).  (SMSolo/dok Inaspoc)
Kiper Kamboja S Hen berusaha menangkap bola saat terjadi kemelut lawan timnas sepak bola CP Indonesia pada laga di Stadion UNS Solo, Selasa (2/8/2022). (SMSolo/dok Inaspoc)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Laga sepak bola cerebral palsy (CP) pada ajang ASEAN Para Games (APG) 2022 sebenarnya menggunakan sistem pertandingan 7 a side football.

Artinya, duel kedua tim tujuh lawan tujuh pemain. Lapangan seluas 70 x 50 meter dalam durasi 2 x 30 menit.

Namun sejak kick off, pertandingan Indonesia yang menundukkan Kamboja, 7-1 di Stadion UNS Solo kampus Kentingan, Selasa (2/8/2022), kedua tim hanya menurunkan enam pemain, termasuk penjaga gawang.

Baca Juga: Kalahkan Kamboja 7-1, Timnas Sepak Bola CP Indonesia Kukuhkan Diri di Puncak

Mengapa?

‘’Sebenarnya, saya bisa menurunkan tujuh pemain dalam tim penuh. Namun karena Kamboja hanya turun dengan enam pemain, kiper satu-satunya cedera, akhirnya kami putuskan untuk juga memasang enam pemain, biar fair,’’ ungkap pelatih Timnas sepak bola CP Indonesia, Anshar Ahmad.

Hal senada diungkapkan arsitek tim Kamboja, Im Sopheak Makara. Pelatih yang ramah itu menjelaskan, kiper asli dalam timnya hanya satu orang, yakni Ham Limhoy. Namun, Limhoy cedera saat tanding lawan Thailand, sehari sebelumnya (1/8/2022).

Baca Juga: APG 2022: Tundukkan Myanmar, Timnas Sepak Bola CP Indonesia Berada di Puncak

Akhirnya, Makara memutuskan seorang defendernya, S Heng untuk berjaga di bawah mistar sebagai kiper. Tim sepak bola CP Kamboja hanya membawa delapan pemain pada APG 2022 yang resmi dibuka 30 Juli dan akan ditutup 6 Agustus 2022.

‘’Kami juga hanya punya seorang pemain klasifikasi FT1 yakni Ham Limhoy. Padahal seusai aturan, jika tujuh orang bermain, satu di antaranya harus FT1. Maka, kami hanya bisa memainkan enam pemain,’’ jelas Makara.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

670 Atlet Bertarung pada Kejurnas Bridge di Solo

Rabu, 30 November 2022 | 08:51 WIB
X