Ulang Sukses Sembilan Tahun Silam, Voli Duduk Putri Indonesia Genggam Emas APG 2022

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 17:41 WIB
Pemain voli duduk putri Indonesia, Anissa Tindy Lestary melepas spike pada laga melawan Thailand di GOR UTP Plesungan, Karanganyar, Kamis (4/8). Tim putri itu merebut medali emas APG 2022. (SMSolo/dok Inaspoc)
Pemain voli duduk putri Indonesia, Anissa Tindy Lestary melepas spike pada laga melawan Thailand di GOR UTP Plesungan, Karanganyar, Kamis (4/8). Tim putri itu merebut medali emas APG 2022. (SMSolo/dok Inaspoc)

KARANGANYAR, suaramerdeka-solo.com - Timnas voli duduk putri Indonesia menggenggam medali emas ASEAN Para Games (APG) 2022, usai menundukkan Thailand, 3-0 (25-21, 25-11 dan 25-6), Kamis (4/8/2022).

Raihan emas pada pertarungan di GOR Universitas Tunas Pembangunan (UTP) kawasan Plesungan, Karanganyar itu, mengulang sukses tim putri Merah Putih yang menjadi kampiun pada multievent serupa di Myanmar, 2013.

Tim asuhan pelatih Andri Asrul Setiyawan itu menjadi juara setelah memenangi empat laga yang telah dilaluinya dalam sistem round robin.

Baca Juga: APG 2022: Duel Final Lawan Thailand, Timnas Indonesia Bakal Redam Upaya Balas Dendam

"Kami telah menuntaskan target yang diinginkan masyarakat. Alhamdulillah pada hari ini, kami berhasil meraihnya. Semua itu karena dukungan masyarakat, serta seluruh elemen di Indonesia," kata Andri.

Medali perak direbut Thailand yang memetik dua kemenangan dan dua kekalahan. Sementara tim Kamboja di urutan ketiga karena selalu kalah pada empat pertarungan.

Baca Juga: APG 2022: Bergandeng Tangan, Indonesia Ajak Kamboja Selebrasi Bersama

Timnas voli duduk putri Indonesia, paling akhir meraih gelar juara pada APG Myanmar 2013. Setelah itu, cabang tersebut tak lagi digelar hingga APG Malaysia 2017. Sedangkan pada multievent Asian Games Jakarta 2018, tim putri Indonesia terlempar dari tiga besar, usai kandas 1-3 dari Jepang.

"APG selanjutnya di Kamboja pada 2023. Semoga tim ini turut diberangkatkan nanti. Tim pelatih akan memberi program latihan bagi para atlet, saat mereka kembali pulang ke daerahnya. Nanti tetap akan kami pantau latihan mereka,’’ ujar Andri, sang pelatih.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mandala FC Juara Turnamen Sepak Bola U40+ Karanganyar

Senin, 26 September 2022 | 07:41 WIB
X