Kalah dari Titik Penalti, Sepak Bola CP Indonesia Raih Perak APG 2022

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:22 WIB
Striker sepak bola CP Indonesia Cahyana melepas tendangan salto di depan gawang tim Thailand pada final ASEAN Para Games (APG) 2022 di Stadion UNS Solo, Jumat (5/8/2022). Indonesia kalah 5-6 dalam adu penalti. (SMSolo/dok Inaspoc)
Striker sepak bola CP Indonesia Cahyana melepas tendangan salto di depan gawang tim Thailand pada final ASEAN Para Games (APG) 2022 di Stadion UNS Solo, Jumat (5/8/2022). Indonesia kalah 5-6 dalam adu penalti. (SMSolo/dok Inaspoc)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Kalah dari titik penalti, timnas sepak bola cerebral palsy (CP) Indonesia harus puas meraih medali perak pada ASEAN Para Games (APG) 2022. Medali emas pertandingan bersistem 7 a side football itu digenggam Thailand.

Bermain main imbang 4-4 setelah perpanjangan waktu, Tim Merah Putih dua kali gagal dalam adu penalti. Bola sepakan eksekutor pertama, Yahya Hernanda dan ketiga, Yusuf Suhendar berhasil diblok Jettarin Wonghamit. Hanya Cahyana yang sukses mencetak gol.

Sementara dua eksekutor Thailand Siwadol Srisuwun dan Phonpipat Nampaksa sukses menceploskan bola ke gawang Amin Rosyid. Hasil itu membawa tim Negeri Gajah Putih memenangi laga dengan skor total, 6-5.

Baca Juga: APG 2022: Timnas Indonesia Ditunggu Thailand di Final Sepak Bola CP

Tak hanya adu penalti. Pada laga yang dipimpin wasit Hee Chun Keet dari Malaysia itu, dua gol Thailand pada babak reguler (2 x 30 menit) dan perpanjangan waktu (2 x 10 menit) juga bersumber dari titik penalti, yakni menit 13 dan 78.

Chanatip Deeman membuka kemenangan Thailand dari eksekusi penalti pada menit 13, setelah Bannasak Nuepho dijatuhkan pemain belakang Indonesia di kotak terlarang. Setelah tertinggal 0-1 dari gol Chanatip Deeman, para pemain Indonesia melakukan banyak tekanan. Gol balasan dari Cahyana terjadi, setelah menyongsong bola sepakan sudut dari Yahya Muhaimi menit 26.

Baca Juga: Indonesia Amankan 11 Medali Emas Para Bulutangkis APG 2022

Indonesia sempat memimpin menit 51 melalui tembakan jarak jauh terarah yang dilepaskan kapten tim Yahya Hernanda. Keunggulan tim racikan pelatih Anshar Ahmad itu hanya bertahan delapan menit, karena pemain Thailand Narongchai Thaohong yang mendapat umpan silang dari Chanatip Deeman, membobol gawang Indonesia menit 59.

Skor 2-2 pada laga reguler, membuat perpanjangan waktu. Yusuf Suhendar sempat membuat Indonesia kembali memimpin dengan tandukannya menit 68, setelah menyundul bola umpan Cahyana. Namun Narongchai Thaohong kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui golnya pada menit 74.

Baca Juga: Raih Perunggu Sepak Bola CP, Myanmar Pesta Gol ke Gawang Kamboja

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X