Belajar dari Solo, Sepak Bola CP Kamboja Bersiap Jadi Tuan Rumah APG 2023

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 16:50 WIB
Pelatih timnas sepak bola CP Kamboja, Im Sopheak Makara bersama sejumlah pemainnya memberikan salam dari pinggir lapangan usai bertanding pada APG 2022 di Stadion UNS Solo. (SMSolo/dok Inaspoc)
Pelatih timnas sepak bola CP Kamboja, Im Sopheak Makara bersama sejumlah pemainnya memberikan salam dari pinggir lapangan usai bertanding pada APG 2022 di Stadion UNS Solo. (SMSolo/dok Inaspoc)

SOLO, suaramerdeka-solo.comKamboja dijadwalkan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games (APG) 2023 mendatang. Nampaknya hal itu menjadi salah satu pertimbangan negara tersebut untuk mengirimkan tim sepak bola cerebral palsy (CP) dalam APG 2022 di Solo, 30 Juli-6 Agustus 2022.

Im Sopheak Makara, pelatih timnas sepak bola CP Kamboja bukan tidak memperhitungkan konsekwensi keberangkatan tim ke Kota Bengawan.

Makara sudah memprediksi, awak pasukannya bakal menjadi bulan-bulanan pada kompetisi juga yang diikuti tuan rumah Indonesia, Thailand dan Myamar tersebut.

Baca Juga: Kalah dari Titik Penalti, Sepak Bola CP Indonesia Raih Perak APG 2022

Sebab, Oum Vanny dkk baru berkumpul dan memulai latihan bersama, dua bulan sebelum bertarung di Stadion UNS Solo kampus Kentingan. Itu pun, hanya delapan pemain yang bersedia berkumpul untuk mengikuti latihan.

‘’Awalnya bahkan hanya empat orang, lalu ada tambahan lain menjadi delapan orang. Mereka belum pernah ikut apapun dalam kancah olahraga disabilitas,’’ kata Makara, Sabtu (6/8/2022).

Sepak bola CP memang baru dikenal di Kamboja. Sebelumnya, Kamboja tak pernah menurunkan tim untuk cabang itu pada APG-APG periode yang telah berlalu.

Baca Juga: Raih Perunggu Sepak Bola CP, Myanmar Pesta Gol ke Gawang Kamboja

Karena itu, waktu dua bulan untuk persiapan dianggap sangat singkat. Pria yang sebelumnya melatih tim sepak bola nondifabel itu mengaku, hanya bisa melatih para pemainnya dengan dasar-dasar bermain, passing, kontrol dan tendangan ke gawang.

‘’APG di Solo ini merupakan kali pertama bagi Kamboja mengirimkan tim sepak bola CP. Maka kami belajar banyak dari sini. Ke depan, kami akan siapkan tim lagi yang lebih kompetitif, karena pada APG 2023 di Kamboja juga akan digelar sepak bola CP,’’ tutur Makara.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mandala FC Juara Turnamen Sepak Bola U40+ Karanganyar

Senin, 26 September 2022 | 07:41 WIB
X