Wow... Capaian Berlipat dari Target, Atlet NPCI Jateng Raih 51 Medali Emas APG 2022

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:16 WIB
Ketua Umum NPCI Jawa Tengah Osrita Muslim turut menyumbang satu medali perak dan dua perunggu bagi Kontingen Indonesia pada APG 2022. (SMSolo/Setyo Wiyono)
Ketua Umum NPCI Jawa Tengah Osrita Muslim turut menyumbang satu medali perak dan dua perunggu bagi Kontingen Indonesia pada APG 2022. (SMSolo/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Pesta olahraga disabilitas ASEAN Para Games (APG) 2022, benar-benar dimanfaatkan para atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jawa Tengah untuk menunjukkan prestasinya.

Betapa tidak? Target yang dipatok pengurus NPCI Jawa Tengah, terealisasi hampir dua kali lipat dalam pencapaiannya.

‘’Khusus bagi atlet Jateng yang memperkuat kontingen Indonesia, kami targetkan 28 medali emas, 20 perak dan 30 perunggu di APG 2022. Alhamdulillah, pencapaiannya melesat hingga 51 emas, 41 perak dan 34 perunggu,’’ kata Ketua Umum NPCI Jawa Tengah, Osrita Muslim, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Perenang Peraih Lima Emas, Kans ke Paralimpiade. Ini Dia Perebut Medali Para Renang APG 2022

Pada gelaran APG di Solo Raya dan Semarang, 30 Juli-6 Agustus 2022 lalu, tercatat ada 73 atlet dan 34 atlet asal Jawa Tengah yang memperkuat kontingen Merah Putih.

Para atlet itu terinci atas 52 penghuni pelatnas Pusat dan 21 atlet pelatnas mandiri dari NPCI setempat. Sementara dari 34 pelatih pelatnas, dua di antaranya dua pelatih pelatnas mandiri.

Mereka bersaing dalam 13 dari total 14 cabang olahraga yang digelar pada pesta olahraga disabilitas terakbar se-Asia Tenggara tersebut. Satu-satunya cabang olahraga yang tidak diperkuat atlet Jateng adalah tenis lapangan kursi roda.

Baca Juga: Sejumlah 127 Atlet Tetap Melanjutkan Pelatnas Hadapi APG Kamboja dan Paralimpiade Paris

‘’Tanpa mengelompokkan apakah masuk pelatnas pusat atau mandiri, yang jelas mereka menunjukkan kemampuan luar biasa untuk memburu medali demi Indonesia,’’ tambah Osrita Muslim, yang turut menyumbang sekeping medali perak dan tiga perunggu di arena para tenis meja APG 2022.

Beberapa di antara atlet tersebut bahkan tidak hanya meraih satu medali emas, namun menjadi juara pada beberapa nomor lomba atau pertandingan yang diikutinya. Di antaranya, sprinter Saptoyoga Purnomo, atlet atletik Figo Saputra, dan petenis meja Suwarti.**

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X