Konsep Holistik dalam Kesehatan Jiwa

- Rabu, 28 Juli 2021 | 14:25 WIB
Prof Dr dr Fanani SpKJ (K)
Prof Dr dr Fanani SpKJ (K)

Oleh: Prof Dr dr M Fanani SpKJ

MANUSIA memiliki empat dimensi: fisik, mental, sosial, dan spiritual. Holistik memiliki arti ’menyeluruh’, dalam membangun kehidupan manusia secara utuh, sehat, dan seimbang, karena tubuh manusia merupakan keterpaduan sistem yang sangat kompleks, dan saling mempengaruhi antara satu dengan lainnya.

Dalam praktik sehari-hari, klinisi masih banyak yang belum memandang kesehatan dan gangguan jiwa secara holistik. Selama ini intervensi yang dipakai hanya dari satu sudut pandang saja. Sehingga intervensi psikologis belum dimanfaatkan secara optimal. Saya berharap kedepannya kita dapat melihat kesehatan dan gangguan jiwa secara holistik.

Telah diketahui bahwa stres berat memiliki kaitan dengan fungsi imunitas sehingga seseorang menjadi lebih mudah terserang penyakit yang berhubungan dengan fungsi imunitas (Chen dan Miller, 2007; Surjanto, 2009).

Psikoterapi memudahkan pengurangan stres kemudian membantu keseimbangan fungsi imun tubuh (Anbar, 2003). Stres psikologis kronis menyebabkan pergeseran keseimbangan sitokin tipe 1/ tipe 2 ke arah respon predominan tipe 2.

Psikoterapi digunakan sebagai pencegahan jangka panjang dan berguna mengatasi masalah emosional dan psikologis.

Aktifitas sel Imun & imunne-like glia berperan dalam nyeri patologis (neuropati). Sel imun klasik (makrofag,dendritik), sel imunokompeten (endotel,fibroblast,sel schwan), sel imune like (astrosit, mikroglia) berhubungan dengan nyeri.

Sitokin pro-inflamasi terlibat dalam fasilitasi nyeri melalui saraf perifer, bukan hanya lokasi cedera. Luasnya pengaruh glia terhadap nyeri, morfin mengaktifkan glia tapi tidak efektif untuk nyeri kronis. Penelitian terkait keterlibatan imun dan glia terhadap nyeri adalah sesuatu yang perlu dikembangkan.

Ada beberapa psikoterapi yang bisa kita terapkan pada beberapa pasien dengan gangguan jiwa. Diantaranya:

• Mindfulness Based Cognitive Therapy

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X