Khawatir Saat Jalan Kendaraan Listrik Batrenya Habis? Tenang, di Solo Ada Stasiun Pengisian

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 12:38 WIB
Dok. PLN
Dok. PLN

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Keberadaan kendaraan bermotor listrik, mulai dilirik dan menjadi tren akhir-akhir ini, khususnya di Kota Solo. Lalu, bagaimana ketersediaan stasiun pengisiannya?

PT Perusahaan Listrik Negara (persero) terus memberikan dukungan kepada penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), termasuk di Kota Solo.

"Salah satunya adalah penyediaan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU),” kata Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT PLN UP3 Surakarta, Andi Kurniyawan.

Beberapa SPKLU sudah tersedia di jalur tol Trans Jawa. Hal itu membuat pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir kehabisan daya saat melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga: Mobil Listrik Mulai Menggoda Warga Solo

Di Solo, misalnya, SPKLU tersedia di rest area jalan tol Trans Jawa 519A dan 519B yang berada di Masaran, Sragen. Ada juga pihak swasta yang membuat SPKLU di pusat perbelanjaan.

"Bisa nge- charge mobil sambil berbelanja atau ngopi," katanya.

Saat ini PLN juga menyiapkan skema pemberian stimulus kepada para pengguna mobil listrik. Stimulus itu berupa diskon khusus penggunaan listrik pada pukul 22.00 WIB-05.00 WIB.

"Itu merupakan waktu pemilik mobil listrik biasanya meng- charge mobilnya," kata Andi.

Saat ini PLN UP3 Surakarta juga terus melakukan pemetaan penggunaan mobil listrik di Kota Solo dengan menjalin komunikasi dengan sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Pemetaan ini diperlukan untuk mengukur kebutuhan fasilitas SPKLU di kota itu.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

X