Sepeda Tenaga Surya Buatan Santri Assalam Ramah Bagi Penyandang Disabilitas

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 12:46 WIB
Sepeda listrik tenaga surya buatan santri PPMI Assalam.  (SMSolo/dok)
Sepeda listrik tenaga surya buatan santri PPMI Assalam. (SMSolo/dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Sepeda listrik sudah beredar di kalangan masyarakat. Tapi alat transportasi jenis itu yang mudah digunakan kalangan berkebutuhan khusus, belum banyak ditemukan.

Berangkat dari kondisi tersebut, santri Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam berinovasi membuat sepeda ramah lingkungan untuk penyandang disabilitas.

Mereka sengaja memasang bahan bakarnya tenaga surya yang secara otomatis terisi dan tersimpan di baterai, tanpa harus mencolokkan ke jaringan listrik konvensional.

Baca Juga: Semarak 40 Tahun, PPMI Assalaam Gelar Jalan Sehat dan Wayang Kulit

Karya santri tim riset Madrasah Aliyah (MA) berupa sepeda listrik tenaga surya itu disebut mampu mengurangi polusi udara. Sebab menggunakan tenaga matahari sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar fosil.

"Kami memanfaatkan energi matahari karena Indonesia beriklim tropis, sinar matahari melimpah,’’ jelas salah seorang santri dalam tim riset, Afif.

Afif menjelaskan, sepeda listrik dirancang menggunakan roda tiga yang ditujukan bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga: Komunitas Sepeda BMX Berharap Solo Punya Sirkuit Latihan

Peluncuran riset ilmiah tersebut dilakukan bertepatan Milad Ke 40 PPMI Assalam yang dilaksanakan di Gedung Assalaam Center.

Milad ke 40 itu dihadiri para stakeholder PPMI Assalaam, seperti Bupati Boyolali, Pemalang, Ponorogo, Sukoharjo, Kementerian Agama, Dinas Pendidikan, Kodim, Kapolsek, Rektor UMS, serta sejumlah tokoh-tokoh yang berkontribusi dan mendukung berkembangnya PPMI Assalaam.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X