Jaga Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Kelompok 211 KKN UNS Bangun Sentra Kebutuhan Pokok

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 16:14 WIB
 Program ketahanan pangan bernama Kompak Peduli Tetangga (Komplit) di Dusun Gawanan yang diinisiasi Kelompok 211 KKN UNS. (SMSolo/Evie K)
Program ketahanan pangan bernama Kompak Peduli Tetangga (Komplit) di Dusun Gawanan yang diinisiasi Kelompok 211 KKN UNS. (SMSolo/Evie K)

SOLO Suaramerdeka-solo.com - Salah satu masalah yang dialami oleh masyarakat sejak terjadi pandemi Covid-19 adalah ketahanan pangan.

Prihatin atas kondisi tersebut, Kelompok 211 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tergerak untuk menginisiasi Program Kompak Peduli Tetangga (Komplit).

Program Komplit ditujukan bagi masyarakat RT 04 RW 06, Dusun Gawanan, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo. Dibimbing oleh Dyah Yuni Kurniawati, Kelompok 211 KKN UNS menginisiasi pembangunan Sentra Kebutuhan Pokok.

Baca Juga: Banyak Warga Belum Paham, Polres Boyolali Sosialisasi Aplikasi PeduliLindungi

Tempat tersebut menyediakan berbagai kebutuhan pokok, di antaranya beras, gula, minyak goreng, sayur-mayur, dan sumber protein seperti tahu, tempe dan telur. Sentra Kebutuhan Pokok tersebut berlokasi di depan Gudang Bolo Pecah RT 4 RW 6, Dusun Gawanan.

Pemilihan lokasi tersebut lantaran tempatnya yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat sekitar. Ketua Kelompok 211 KKN UNS Widdya Asmara Dewi mengemukakan, ia dan teman-temannya bertindak sebagai insiator sehingga juga ikut menyumbangkan berbagai kebutuhan pokok pada pelaksanaan Program Komplit.

Baca Juga: Petani Minta BBWSBS Tidak Tutup Aliran Air ke Saluran Colo Timur Tahun Ini

Aksi tersebut diharapkan dapat menjadi contoh dan ditiru oleh masyarakat sekitar. Dengan begitu, Program Komplit dapat terus berjalan dan membantu ketahanan pangan masyarakat Dusun Gawanan di tengah pandemi Covid-19.

"Tujuan program ini sebenarnya untuk menumbuhkan sikap kepedulian sosial, kekeluargaan, dan gotong royong masyarakat Dusun Gawanan,” ungkap Widdya.

Widdya juga menambahkan masyarakat di Dusun Gawanan sangat antusias. Antusiasme tersebut dibuktikan oleh banyaknya warga yang berkunjung ke Sentra Kebutuhan Pokok bahkan juga menyumbang sejumlah bahan pangan secara suka rela.

Baca Juga: Turun Level 3, Boyolali Bisa Gelar PTM Bupati Minta Tidak Tergesa-gesa

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Bertambah Lagi, Siswa Positif Covid-19 Jadi 28 Orang

Selasa, 30 November 2021 | 07:19 WIB

Putri Nanda Ika dan Reza Dafa, Duta Kampus Unisri

Senin, 29 November 2021 | 15:45 WIB

UMS Launching Program Health Promoting University

Sabtu, 27 November 2021 | 05:51 WIB

Hari Guru, Ambil Hikmah Pandemi untuk Bangkit Kembali

Kamis, 25 November 2021 | 22:08 WIB

154 Mahasiswa Unisri Terima KIP Kuliah dan BPMKM

Kamis, 25 November 2021 | 16:22 WIB

Sepatu untuk Guru SMP Muliska di Hari Guru Nasional

Kamis, 25 November 2021 | 13:59 WIB
X