Mahasiswa UNS Rintis Bimbel Berbasis Asesmen Psikologi dan Dual Feedback

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 12:49 WIB
 Bimbel rintisan mahasiswa UNS yang diberikan secara daring. (SMSolo/Evie K)
Bimbel rintisan mahasiswa UNS yang diberikan secara daring. (SMSolo/Evie K)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta merintis bimbingan belajar yang bisa menjadi terobosan baru dalam dunia pendidikan.

Bimbel yang diberi nama Bimbel Klaas ini berbasis asesmen psikologi dan dual feedback system.

Adalah Rizal Galih Pradana (S-1 Psikologi 2018), Aldi Rosyid Rahmadi (S-1 Ilmu Lingkungan 2018), Regina Lovey Taqiyyah (S-1 Psikologi 2018), Angela Apriliana (S-1 Psikologi 2018), dan Alivia Amadea Theodora (S-1 Psikologi 2019) yang menyusun metode bimbingan belajar tersebut.

Baca Juga: Asyik, Obyek Wisata Pemandian Pengging Boyolali Sudah Dibuka Kembali

Melalui bimbingan dosen Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Fadjri Kirana Anggarani, usaha ini menjadi terobosan baru dan berhasil membawa mereka lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 34 pada akhir Oktober mendatang di Universitas Sumatera Utara (USU).

"Bimbel Klaas berupaya memaksimalkan proses belajar pada siswa melalui konsep personalisasi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk belajar sesuai dengan preferensi gaya belajar dan kepribadian individual mereka," papar Rizal.

Baca Juga: Masuk Kantor, Pemkab Sukoharjo Wajibkan ASN Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Dijelaskan, konsep personalisasi pembelajaran tersebut diwujudkan dalam bentuk asesmen psikologi dan dual feedback system yang menjadi keunggulan utama dari bimbel ini.

Ia menambahkan, asesmen psikologi sangat krusial dalam memahami kepribadian siswa. Asesmen itu juga menentukan preferensi gaya belajar siswa. Untuk. Mengevaluasi asesmen tersebut, mereka bekerja sama dengan psikolog tersertifikasi untuk pelaksanaan tes dan perencanaan kelas.

Hal itu diharapkan agar hasil yang diberikan akurat dan aplikatif bagi siswa. Tidak hanya itu, dual feedback system juga menjadi kunci evaluasi pembelajaran. **

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unisri Gelar Webinar Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:59 WIB

PTM 100 Persen di Boyolali Ditunda Februari

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:21 WIB

Fatipa Unisri Berikan 100 Bibit Tanaman Pucuk Merah

Kamis, 6 Januari 2022 | 18:15 WIB

Anak Muda Harus Berkarakter Tangguh

Kamis, 30 Desember 2021 | 21:05 WIB
X