Tips Pembenihan Kentang dengan Kultur Jaringan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:45 WIB
 Alumni Pendidikan Biologi FKIP UNS membagikan kiat pembenihan kentang dengan kultur jaringan dalam Sembio XVII. (SMSolo/Evie K)
Alumni Pendidikan Biologi FKIP UNS membagikan kiat pembenihan kentang dengan kultur jaringan dalam Sembio XVII. (SMSolo/Evie K)

SOLO suaramerdeka-solo.com - Kultur jaringan membuat tanaman dikembangkan lebih mudah. Dari satu sel tanaman bisa menghasilkan tanaman dalam jumlah yang banyak dan kualitas yang bagus.

Sayangnya belum banyak petani yang memanfaatkan sistem ini. Adi Nurholis yang menjabat sebagai CEO PT Adiguna Laboratory dalam Seminar Biologi (Sembio) XVII yang digelar Program Studi S-1 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS berbagi kiat untuk bertani dengan kultur jaringan.

Baca Juga: Wonogiri Terima Piagam WTP Enam Kali Berturut-turut

Pertama tama ia mengemukakan tentang pentingnya memilih benih, bagimana cara melakukan kultur jaringan kentang yang baik dan apa saja jenis kultur jaringan itu sendiri. Selain itu harus diketahui pula jika tidak semua kentang dapat tumbuh di Indonesia.

Dari dua jenis kentang yaitu kentang sayur dan kentang industri, hanya kentang sayur yang dapat dikembangkan dengan baik di Indonesia. Maka tak salah jika Indonesia masih impor dari jenis kentang industri.

Baca Juga: Menteri Pertanian Menilai Sukoharjo Sukses Kembangkan Pola Tanam IP400

Dari berbagai rintangan yang ada, diharapkan bagi lembaga penilitian mampu menemukan varietas jenis kentang olahan/industri yang memiliki produktivitas tinggi dan ketahanan penyakit yang baik.

Sehingga petani bisa diuntungkan saat membudidayakannya. Kualitas kultivat baru juga diharapkan bisa memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan oleh kalangan industri. Ketika harapan kalangan petani dan industri bisa dijembatani, maka Indonesia bisa swasembada komoditas kentang olahan/industri.

"Swasembada pangan akan meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi ketergantungan dengan luar negeri,” jelas Adi. **

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Refleksi Terbimbing dalam Pembelajaran, Ini Tujuannya

Kamis, 9 Desember 2021 | 07:03 WIB

Bertambah Lagi, Siswa Positif Covid-19 Jadi 28 Orang

Selasa, 30 November 2021 | 07:19 WIB

Putri Nanda Ika dan Reza Dafa, Duta Kampus Unisri

Senin, 29 November 2021 | 15:45 WIB

UMS Launching Program Health Promoting University

Sabtu, 27 November 2021 | 05:51 WIB
X