Mahasiswa UNS Kembangkan Helm CPAP untuk Terapi Covid

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:44 WIB
Tim riset UNS memeragakan penggunaan hel CPAP hasil inovasi mereka. (SMSolo/Evie K)
Tim riset UNS memeragakan penggunaan hel CPAP hasil inovasi mereka. (SMSolo/Evie K)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Tim riset Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengembangkan alat bantu pernafasan noninvasif.

Alat tersebut berbentuk helm yang dapat digunakan untuk mempertahankan tekanan positif pada saluran napas neonates selama pernafasan spontan.

Adalah mahasiswa Fakultas Teknik UNS Surakarta Rizqi Husain Alfathan dan temennya yakni Bioma Cakrawala, Muhammad Dzaky Musyaffa, Azzahra Fadhlila Aulia Nisa, dan Rani Dwi Larasati yang mengembangkan alat tersebut.

Baca Juga: Alat Berat Diturunkan ke Rawa Jombor, Penertiban Dimulai

Tim Riset yang dibimbing oleh Ubaidillah MSc PhD itu melihat jika inovasi itu masih belum banyak dilakukan. Selain itu, helm CPAP terbukti mampu mengurangi aerosolisasi virus secara signifikan.

Ubaidillah mengemukakan, alat tersebut dinamakan Helm CPAP yang pengoperasian nya berbasis IoT. Alat ini harapannya dapat memudahkan tenaga medis menangani pasien Covid-19. Sekaligus mengatasi kurangnya alat bantu pernapasan pasien Covid-19 di Indonesia.

Dikemukakan Ubaidillah, Helm CPAP ini sudah banyak diteliti oleh berbagai pihak. Tapi masih banyak kekurangannya. Karena itu ia dan tim dan memiliki suatu inovasi untuk membuat helm CPAP yang dilengkapi sensor oksigen, sensor MAX 30102, dan sudah berbasis Internet of Things (IoT).

Baca Juga: 5.680 PKLW di Karanganyar Terima BLT untuk Modal Usaha. Penyalurannya Via Kodim 0727 Karanganyar

"Mengapa harus dilengkapi oleh sensor oksigen? Ini berguna untuk mengukur kadar oksigen yang masuk ke dalam antarmuka helm CPAP," jelasnya.

Sedangkan fungsi dari sensor MAX 30102 yang ditambahkan dalam alat ini untuk mengukur kadar oksigen atau saturasi oksigen yang tersimpan di dalam darah pasien. Alat ini dibuat berbasis IoT. Sehingga penggunaan alat ini cukup mudah.

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Refleksi Terbimbing dalam Pembelajaran, Ini Tujuannya

Kamis, 9 Desember 2021 | 07:03 WIB

Bertambah Lagi, Siswa Positif Covid-19 Jadi 28 Orang

Selasa, 30 November 2021 | 07:19 WIB

Putri Nanda Ika dan Reza Dafa, Duta Kampus Unisri

Senin, 29 November 2021 | 15:45 WIB

UMS Launching Program Health Promoting University

Sabtu, 27 November 2021 | 05:51 WIB
X