Tim Gamagrita SV UNS Bangkitkan Ekonomi Kreatif Desa Segorogunung, Ngargoyoso

- Jumat, 12 November 2021 | 16:25 WIB
Sentra wisata Agrilawu di Desa Segorogunung Karanganyar diresmikan. Konsep pusat wisata dan ekonomi kreatif tersebut hasil pendampingan dari Tim P2D Gamagrita SV UNS. (SMSolo/evie K)
Sentra wisata Agrilawu di Desa Segorogunung Karanganyar diresmikan. Konsep pusat wisata dan ekonomi kreatif tersebut hasil pendampingan dari Tim P2D Gamagrita SV UNS. (SMSolo/evie K)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Mahasiswa D3 Agribisnis Sekolah Vokasi (SV) UNS yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Diploma Tiga Agribisnis Pertanian (Gamagrita) melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar.

Program itu dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat serta mengembangkan potensi desa.

Hilda Sekar Wulandari sebagai Ketua Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2D) Gamagrita SV UNS mengemukakan, Desa Segorogunung memiliki potensi di bidang pariwisata dan pertanian. Sektor pariwisata di desa ini sudah banyak dikenali oleh wisatawan.

Baca Juga: Program Mageri Segoro Polda Jateng Raih Penghargaan

Dalam mengembangkan wisata desa diperlukan sektor pendukung, seperti kuliner dan buah tangan. Selain itu, terdapat potensi pertanian yang dapat dikembangkan yaitu komoditas labu siam.

Sayangnya masyarakatnya dapat dikatakan masih kurang kreatif dan inovatif dalam mengolahnya sehingga keuntungan yang dihasilkan relatif kecil.

Ditambahkan, Tim P2MD Gamagrita SV UNS telah berproses selama lima bulan dalam bermitra bersama pemerintah desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mustika Lawu, dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar.

Baca Juga: Penetapan Tersangka Kecelakaan Karombol di Sumberlawang Tunggu Gelar Perkara

Tim telah melakukan berbagai kegiatan, di antaranya sosialisasi program dengan menggelar pelatihan bertajuk “Scale Up Produk Lokal Desa guna Mendukung Destinasi Wisata Segorogunung”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan P2MD yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unisri Gelar Webinar Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:59 WIB

PTM 100 Persen di Boyolali Ditunda Februari

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:21 WIB

Fatipa Unisri Berikan 100 Bibit Tanaman Pucuk Merah

Kamis, 6 Januari 2022 | 18:15 WIB

Anak Muda Harus Berkarakter Tangguh

Kamis, 30 Desember 2021 | 21:05 WIB
X