UNS Tak Peroleh Jatah CPNS 

- Selasa, 8 Juni 2021 | 06:05 WIB
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho didampingi sejumlah staf meninjau tes kemampuan dasar dan bidang. (SMSolo/Evie Kusnindya).
Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho didampingi sejumlah staf meninjau tes kemampuan dasar dan bidang. (SMSolo/Evie Kusnindya).
 
SOLO suaramerdeka-solo.com– Sebagai kampus berstatus Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), tahun ini Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tak memperoleh alokasi untuk merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS). 
 
"Karena itu kami menggelar proses rekrutmen tenaga pendidik (dosen) non Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena memang untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas, " kata Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho
 
Ia memaparkan, tahun ini Badan Kepegawaian Negara (BKN), merekrut CPNS dengan prioritas pada Perguruan Tinggi Satuan Kerja (Satker) dan Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (BLU). 
 
 
“PTNBH tidak mendapatkan jatah. Artinya 12 PTNBH ini diberi keleluasan untuk me-manage. Kalo kurang ya silahkan tambah sendiri, anggaran dihitung sendiri, kariernya juga dipersiapkan dengan baik’. Sehingga dosen-dosen yang kita rekrut itu nanti kariernya sama dengan PNS yang sudah terstandar,” terang Prof Jamal.
 
Dalam proses seleksi tersebut, UNS menerima 1.900 pendaftar yang kemudian di seleksi administrasi hingga hanya tersisa menjadi 645 orang dan hanya 160 orang yang mendapatkan validasi untuk diizinkan mengikuti ujian. 
 
Prof Jamal berharap dengan proses standarisasi rekrutmen ini UNS mampu mendapatkan calon-calon tenaga pendidik yang baik. Prof Jamal meyakini bahwa dengan standar pelaksanaan proses rekrutmen yang sama dengan rekrutmen PNS oleh BKN, UNS mampu mendapatkan dosen yang berkualitas dalam hal akademik maupun integritas.
 
“Dari sisi kemampuan akademiknya maupun dari sisi integritas-nya. Karena kami perlu sekali dosen yang mempunyai kemampuan kedua hal itu. Saya yakin dengan standar proses yang bahkan sama dengan proses rekrutmen PNS yang dilakukan BKN. Saya yakin mendapatkan dosen yang baik,” tutur Prof Jamal. * 
 

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

UMS Launching Program Health Promoting University

Sabtu, 27 November 2021 | 05:51 WIB

Hari Guru, Ambil Hikmah Pandemi untuk Bangkit Kembali

Kamis, 25 November 2021 | 22:08 WIB

154 Mahasiswa Unisri Terima KIP Kuliah dan BPMKM

Kamis, 25 November 2021 | 16:22 WIB

Sepatu untuk Guru SMP Muliska di Hari Guru Nasional

Kamis, 25 November 2021 | 13:59 WIB

UMS Kembali Raih Juara Lomba KMI 2021

Selasa, 23 November 2021 | 15:09 WIB
X