Dosen Unisri Meraih Gelar Doktor di Undip

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 07:15 WIB
Joko Pramono. (SMSolo/dok) (Langgeng Widodo)
Joko Pramono. (SMSolo/dok) (Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Joko Pramono, dosen Universitas Slamet (Unisri) Surakarta meraih gelar doktor dari Universitas Diponegoro Semarang.

Pada sidang promosi terbuka secara daring, Jumat (11/6), dia mempertahankan disertasi "Pengembangan Kapasitas Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat di Kota Surakarta".

Penelitian dilatarbelakangi kondisi penyelenggaraan perlindungan masyarakat di Kota Surakarta yang menurutnya belum optimal, jika dilihat dari data kinerja, peran dan pemahaman anggota Satlinmas.

‘’Padahal, Kota Surakarta merupakan salah stau daerah rawan dengan tingkat bencana tinggi," kata dia yang kini menjabat skepala Lembaga Penjamin Mutu Unisri Surakarta.

Penelitian itu merumuskan tiga pertanyaan.

Yakni kapasitas penyelenggaraan perlindungan masyarakat di Kota Surakarta, penentu pengembangan kapasitas penyelenggaraan perlindungan masyarakat, dan model pengembangan kapasitas untuk penyelenggaraan perlindungan masyarakat.

"Sistem yang ada tidak mampu mendukung jaringan dari luar Satlinmas, yang berkapasitas dalam rangka mendukung pengembangan kapasitas dari para anggota Satlinmas," jelasnya.

Faktor penentu dalam pengembangan kapasitas penyelenggaraan perlindungan masyarakat di Kota Surakarta dipetakan dalam beberapa aspek.

Yakni, kondisi lingkungan, organisasi, perencanaan, program, kegiatan, monitoring dan evaluasi, sumber daya, dan jaringan tugas.

Usulan dia, antara lain penguatan sinergi Satpol PP dan kelurahan sebagai pembina Satlinmas, penyelenggaraan diklat secara rutin dengan sasaran tiap anggota Satlinmas.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Terkini

Unisri Gelar Webinar Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Minggu, 16 Januari 2022 | 05:59 WIB

PTM 100 Persen di Boyolali Ditunda Februari

Jumat, 14 Januari 2022 | 15:21 WIB

Fatipa Unisri Berikan 100 Bibit Tanaman Pucuk Merah

Kamis, 6 Januari 2022 | 18:15 WIB

Anak Muda Harus Berkarakter Tangguh

Kamis, 30 Desember 2021 | 21:05 WIB
X