Ini Sejumlah Alasan, Mengapa Memilih Studi Lanjut di Negeri Jiran

- Selasa, 26 April 2022 | 13:25 WIB
. (SMSolo/)
. (SMSolo/)

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Malaysia memiliki sejumlah kelebihan sehingga menjadi alternatif bagi mahasiswa yang ingin studi lanjut ke Negeri Jiran.

Education Attache of Malaysian Embassy in Jakarta Mr Mohd Mubarak Shamsuddin mengemukakan, alasan yang pertama yakni Malaysia disebutnya memiliki kualitas pendidikan tinggi berkelas dunia.

Ini dibuktikan dengan banyak perguruan tinggi di Negeri Jiran yang masuk daftar QS Top 100 Universities.

Baca Juga: Feri Faila Sufa, Dosen Unisri Lulusan Program Doktor Tercepat di UNS

“Ada Universiti Malaya (UM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM),” ungkap Mr Mohd Mubarak bin Shamsuddin.

Alasan lain yang disampaikannya adalah biaya pendidikan di Malaysia “lebih bersahabat” dengan mahasiswa asal Indonesia yang berkeinginan studi lanjut.

Ia menjelaskan, Malaysia memiliki beberapa skema beasiswa (scholarships) yang terbuka bagi para pelajar dari Indonesia.

Karena alasan itu lah, Mr Mohd Mubarak bin Shamsuddin menyebut Malaysia bisa dipertimbangkan untuk segi biaya pendidikan.

Baca Juga: FK UNS Melepas 23 Wisudawan Dokter Spesialis Periode April 2022

Hal itu dikemukakan Mohd Mubarak dalam webinar “FISIP UNS Global Fiesta featuring The Malaysian Embassy yang digelar FISIP UNS Surakarta.

Acara tersebut merupakan kolaborasi dengan Kedubes Malaysia di Jakarta. Pembicara lain, Deputy Director Tourism Malaysia Ms Haryanty Abu Bakar.

Halaman:

Editor: Setyo Wiyono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lulusan SMP PK Solo jadi Rebutan SMA Favorit

Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:10 WIB
X