Pandemi Covid, Minat Siswa Kuliah di Bidang Kesehatan Tinggi

- Selasa, 15 Juni 2021 | 16:40 WIB
Kampus UNS.
Kampus UNS.

SOLO, suaramerdeka-solo.com - Kendati pandemi membuat waswas para tenaga kesehatan, hal itu tak membuat minat siswa untuk berkuliah di bidang ini menurun.

Prodi bidang kesehatan seperti Farmasi dan Kedokteran Umum masih menjadi program studi yang paling diminati dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hanya saja tahun ini, Kedokteran Umum yang biasanya menempati prodi dengan keketatan tertinggi, tahun ini tergeser oleh Prodi Farmasi.

Baca Juga: Kunjungi KONI, FKor UNS Bakal Magangkan Mahasiswa

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Ahmad Yunus mengakui jika pergeseran prodi favorit ini sedikit banyak dipengaruhi oleh masa pandemi COVID-19.

Saat ini minat pemilih terhadap prodi kesehatan masih tinggi meski pada masa pandemi risiko profesi kesehatan sangat rentan.

"Prodi Farmasi ada kenaikan peminat di masa pandemi. Kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin tinggi sehingga memang animo untuk berkuliah di bidang kesehatan tetap tinggi.

Selain itu, menyusul prodi Informatika juga tinggi peminatnya. Karena penggunaan IT di masa pandemi sangat dibutuhkan. Meskipun demikian prodi Kedokteran juga tetap tinggi peminatnya. Tapi memang keketatannya lebih rendah daripada prodi Farmasi," ungkapnya.

Dalam SBMPTN kali ini, peminat Prodi Farmasi sebanyak 1.269 pendaftar dan yang lolos 21 siswa.

Baca Juga: Ikut Seleksi Masuk UNS? Hasilnya Sudah Diumumkan Lho...

Halaman:

Editor: Heru Susilo

Tags

Terkini

Pengalaman Magang Mahasiswa Jadi Nilai Plus

Jumat, 16 Juli 2021 | 08:02 WIB
X